Pemuda Afghan Berumur 14 Tahun Menusuk Tentara Amerika Hingga Tewas

Publikasi: Sabtu, 18 Jumadil Awwal 1434 H / 30 Maret 2013 13:33

nangarharNANGARHAR (an-najah) – Pejabat lokal di Afghanistan mengatakan seorang pria muda Afghanistan telah menikam seorang tentara Amerika hingga mati di provinsi timur Nangarhar, Press TV melaporkan.

Haji Zalmai Khan, gubernur Ghani Khel Kabupaten, mengatakan penyerang yang baru berusia 14 tahun itu melarikan diri dari TKP setelah mendekati seorang tentara dan menikamnya.

Dia menambahkan bahwa operasi pencarian sedang berlangsung untuk menangkap penyerang.

Pasukan Taliban mengatakan anak laki-laki, yang diidentifikasi sebagai Khalid, telah mengungsi dengan mereka.

Sementara itu, warga setempat mengatakan pasukan AS telah menangkap 200 orang setelah insiden tersebut.

Amerika Serikat dan sekutunya menginvasi Afghanistan sejak tahun 2001 sebagai bagian dari apa yang disebut perang Amerika melawan teror. Serangan itu akhirnya melengserkan dari kekuasaan, namun negara itu masih dicengkeram oleh ketidakamanan.

Konflik Afghanistan yang sedang berlangsung ini mulai nampak ada lonjakan dalam serangan terhadap tentara asing dalam beberapa bulan terakhir. Sekitar tiga ratus tentara asing tewas di negara yang dilanda perang tahun lalu saja.

Meningkatnya jumlah korban militer di Afghanistan telah menyebabkan kemarahan yang meluas di AS dan negara-negara anggota NATO, sehingga mengurangi dukungan publik untuk perang Afghanistan. [fajar/ah]

comments powered by Disqus