Korban Meninggal Terbanyak di Dunia Pada 2013 Adalah Warga Suriah

Publikasi: Selasa, 18 Safar 1434 H / 1 Januari 2013 20:47

40 ribu warga suriah meninggal

40 ribu warga suriah meninggal pada 2012

[an-najah.net] — Saat malam tahun baru tiba, hampir seluruh dunia bergembira merayakan malam tahun baru dan tenang dari berita kematian, namun itu tidak dengan Suriah. Berdasarkan penelitian cepat alarabiya.net pada beberapa media di Selandia Baru, Australia, Timur Tengah, China, India, Pakistan dan negara-negara tetangga, seluruhnya sepi dari berita kematian dan pembunuhan, kalaupun ada jumlahnya tidak lebih dari 3 orang yang meninggal.

Adapun di Suriah justru darah-darah para penduduknya mengalir di jalan-jalan ketika dunia lain bergembira merayakan malam tahun baru. Banyak nyawa penduduk Suriah yang terenggut pada waktu-waktu pertama tahun baru tiba.

Penelitian itu diperkuat dengan apa yang disebutkan oleh Kantor Pusat Hak Asasi Manusia di Suriah di situs resminya, Selasa (1/1), persis ketika dunia lain sedang merayakan malam tahun baru. Pada malam itu pertempuran berkecamuk di Provinsi Deir ez-Zor, Suriah. Bentrokan terjadi antara tentara pejuang Suriah dengan tentara rezim Bashar Assad.

Lebih dari 39 Ribu Warga Suriah Meninggal Pada 2012

Menurut salah satu sumber, sedikitnya 40 ribu warga Suriah meninggal pada 2012 akibat perang yang terjadi, mayoritas mereka adalah warga sipil. Sehingga jumlah warga Suriah yang meninggal sejak terjadi revolusi Suriah pada pertengahan Maret 2011 sedikitnya telah mencapai 45 ribu orang.

Perinciannya, 39,362 orang meninggal pada tahun 2012 saja, 28.113 orang di antara mereka adalah warga sipil, 9.482 orang dari tentara pemerintah Assad dan 1040 dari tentara anti Assad. Sisanya sekitar 727 orang lainnya tidak diketahui identitasnya. (an-najah)

comments powered by Disqus