Jurnalis Muslim Gagas Pertemuan Media-Media Islam Bentuk AJIMUSA

Publikasi: Rabu, 4 Rabiul Awwal 1434 H / 16 Januari 2013 11:56

IMG-20130115-WA0016SOLO (an-najah.net) – Jurnalis muslim yang tergabung dalam grup AJIMUSA (Aliansi Jurnalis Muslim Nusantara) mengadakan pertemuan lingkup nasional yang mengambil tema, “Temu Jurnalis Muslim: Menjalin Kebersamaan, Mengungkap Kebenaran.”

Pertemuan ini diadakan di Wisma Muslim Lir-Ilir, Colomadu, Karanganyar, Surakarta pada Rabu- Kamis, 15-16 Januari 2013.

Acara yang dihadiri oleh sekitar 20-an jurnalis dari berbagai media seperti Sabili, Voa-Islam, Majalah dan Portal Berita An-najah, IRIS, serta RDS FM. Beberapa jurnalis lain dari media umum seperti Warta Kota, Jatengpos, Solo TV, Solopos, Radarpos juga ikut menghadiri acara tersebut. Sebelumnya, ada sekitar 40 jurnalis yang akan mengkonfirmasi akan menghadiri acara ini.

Pada acara sesi pertama pertemuan jurnalis ini, diisi oleh Eman Mulyatman dari media Sabili, Jakarta bersama Ustadz Abdullah Khoir dari An-Najah yang mengisi diskusi dan sharing bertemakan “Jurnalis Muslim, antara idealisme profetik dan profesionalisme kode etik”, yang sedianya akan diisi oleh Toni Syarqi dari lembaga riset IRIS.

IMG-20130116-WA0004Kemudian, keesokan harinya berlanjut ke acara pemilihan ketua, pembentukan struktur dan penyusunan program kerja AJIMUSA. Memed Slamet Urip, salah satu anggota PWI Solo akhirnya didaulat oleh pertemuan tersebut sebagai ketua AJIMUSA.

Pada acara Temu Jurnalis Muslim ini, berdasarkan pemantauan reporter An-najah di lapangan, para jurnalis muslim ini sangat antusias untuk membuat kesepakatan dalam ‘agenda setting’ untuk mengangkat issu secara bersama-sama melalui jaringan media islam untuk mengedepankan berita-berita yang menunjukkan pembelaan terhadap Islam dan kaum muslimin. [fajar]