Rezim Suriah Tembakkan Rudal Scud ke Pedesaan Irak

Publikasi: Sabtu, 19 Rabiul Akhir 1434 H / 2 Maret 2013 08:17

Rudal Scud

Rudal Scud

Ninaweh (an-najah.net) – Rezim Suriah Bashar Al Asad, Sabtu (1/3/2013) menembakkan rudal Scud buatan Rusia ke sebuah di desa di provinsi Ninaweh, Irak, yang berbatasan langsung dengan Suriah. Serangan tersebut membuat warga desa panik dan ketakutan, namun tidak ada warga yang tewas maupun luka-luka akibat serangan ini.

Wali kota Telafir, Irak, Abdalal Abbas, membenarkan adanya rudal Scud dari wilayah Suriah jatuh di negaranya, “Sebuah rudal Scud buatan Rusia jatuh sangat dekat dengan sebuah desa yang berjarak sekitar tiga kilometer dari perbatasan Irak-Suriah, antara kota Telafir dan Beji” tuturnya.

Ia menambahkan, serangan rudal scud tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan di desa Turkiman, akan tetapi seluruh warga desa berhamburan dari rumah mereka karena ketakutan.

Juru bicara provinsi Ninaweh, Qahtani Sami, membenarkan adanya rudal yang jatuh di Irak.

Sementara itu, gubernur Ninaweh, Atsil An Najafi, mengatakan, “pada pukul 12 siang, sebuah rudal buatan Rusia dari jenis Scud jatuh di salah satu desa di distrik Tal Afar (60 km sebelah barat Mosul) setelah diluncurkan dari wilayah Suriah” katanya seraya menjelaskan rudal tersebut menimbulkan lubang mengangah sedalam tiga meter dan diperkirakan membawa lebih dari setengah ton bahan peledak.

Dalam jumpa pers, An Najafi menjelaskan, “saya berterimakasih kepada Allah karena tidaka ada masyarakat yang menjadi korban, hal ini dikarenakan rudal tersebut jatuh 800 meter di luar daerah pedesaan” jelasnya.

An Najafi juga menegaskan bahwa ini merupakan pelanggaran berat terhadap kedaulatan Irak. Pemerintah harus bergerak untuk mencegah kejadian-kejadian ini terus berlanjut. [hunef]