Doa Masuk Dan Keluar Rumah Yang Hendaknya Dibaca


Assalamualaikum.
Rumah adalah tempat keluarga bekumpul, bercengkrama, dan istirahat tentunya. Selain itu rumah juga berfungsi sebagai tempat kita berlindung dari panas dan hujan.

Rumahku istanaku begitulah kata kiasan yang sering kita dengar, tetapi belum tentu kita sudah menjadikan kata kiasan tersebut menjadi kenyataan, menurut saya untuk menjadikannya kenyataan kita harus mengikuti tuntunan agama islam tentang adab adaban dan tuntutan yang terkait dengan rumah agar rumah kita mendapat berkah dan Rahmat-Nya.

bacaan doa ketika masuk dan keluar rumah, adab masuk dan keluar rumah, hadits doa keluar rumah

Diantarnya adab masuk dan keluar rumah sperti membaca doa dan kaki mana yang didahulukan, dilarang meyimpan gambar, foto ataupun patung binatang, dan hendaknya kita sebagai penghuninya selalu membaca Alquran. Dengan begitu di jamin kita akan mendapatkan kenyamanan dan kesejahtraan di rumah kita.

Selain mengucapkan salam , hendaknya kita membaca doa ketika akan masuk dan keluar rumah seperti yang sudah saya tulis di atas. Maka dari itu saya akan bebagi doanya kepada anda semua.

Untuk doa masuk rumah terdapat 2 macam doa, pertama ketika masuk rumah yang sudah kita tempati, ke dua rumah kosong yang baru akan kita tempati siapa tau di antara sobat pembaca ada yang mau menempati rumah baru dan untuk doa keluar rumah ada 2 pula tapi fungsi dan tujuannya tidak berbeda.

Doa masuk rumah :


بِسْمِ اللّٰهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللّٰهِ خَرَجْنَا ، وَعَلَى اللّٰهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

"Bismillaahi walajna wabismillaahi kharajna, wa-alallahi rabbinaa tawakkalnaa"
Artinya:
"Dengan nama Allah kami masuk (ke rumah), dengan namaAllah aku keluar (dari rumah), serta kepada-Nya aku berserah diri"

Doa masuk rumah kosong :

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللّٰهِ الصَّالِحِيْنَ

"Assalamu'alaina wa'ala i'badillaahish sholihin"
Artinya:
"Keselamatan untuk kita semua dan untuk hamba hamba Allah yang soleh"

Doa keluar rumah:

بِسْمِ اللّٰهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللّٰهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللّٰهِ

"Bismillaahi tawakkaltu a'-lallaah laa haula wala quwwata illa billah"
Artinya:
"Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah"


اللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ

"Allaahumma inni a-'udzubika an adhilla au udholla au azilla au uzalla au azlima au uzlama au ajhala au yujhala a-'layya"
Artinya:
"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku mendhalimi, atau aku didhalimi, atau kebodohanku atau dibodohi"

Itulah bacaan doa masuk dan keluar rumah , doanya tidak terlalu panjang panjang dan menurut saya mudah untuk anda hafal kecuali doa keluar rumah yang kedua hehe.

Catatan:
Untuk doa keluar rumah yang pertama, terdapat keterangan hadisnya yaitu :


إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللّٰهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللّٰهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللّٰهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيْتَ، وَكُفِيْتَ، وَوُقِيْتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

Artinya:
Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca bismillahi tawakkaltu a'-lallaah, maka disampaikan kepadanya(oleh malaikat): kamu diberi petunjuk, kamudian cukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi. Seketika itu setan-setanpun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya,Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.( HR Abu Daud 5095, Turmudzi 3426 dan di sahihkan Al albani)

Tidak kah anda tertarik sobat ? Maka dari itu mulai dari sekarang biasakanlah membaca doa terlebih dahulu ketika anda akan masuk dan keluar dari rumah maka anda akan mendapatkan apa yang di sebutkan dalam hadis di atas.












Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "Doa Masuk Dan Keluar Rumah Yang Hendaknya Dibaca"