Doa Ketika Memakai Dan Melepas Pakaian


Assalamualaikum.
Dalam islam semua perbuatan harus di awali dengan doa termasuk ketika memakai dan melepas pakain, tujuannya supaya senantiasa bersyukur atas apa yang telah Allah SWT berikan terhadap kita sehingga kita selalu berada dalam lindungannya.



Selain membaca doa, bagi umat muslim cara berpakain pun harus di perhatikan karena ada aturan aturan yang berhubungan dengan menutup aurat. Jangan memakai pakaian sembarangan yang membuka aurat, khususnya bagi perempuan karena seperti kita tahu aturan aurat perempuan sangatlah ketat berbeda dengan laki laki.

Jika kita terbiasa membuka aurat, maka kita termasuk orang yang sesat dan menyesatkan sebagaimana suatu keterangan, saya lupa apa itu hadis atau hanya ucapan ulama(koreksi saya jika saya salah).

مَنْ لَمّ يَسْتُرْ عَوْرَةْ فَهُوَ ضِلٌّ مُضِلٌ
 "Barangsiapa yang tidak menutup aurat maka ia adalah orang sesat dan menyesatkan"

Kembali lagi ke bahasan utama, ketika kita akan memakai atau melepas pakaian hendaknya membaca doa. Untuk doa memakai pakain terdapat 2 kategori pertama memakai pakaian lama kedua memakai pakaian baru.
Adapun doanya sebagai berikut:

Doa memakai pakaian lama :

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ كَسَاْنِيْ هٰذَا الثَّوْبّ وَرَزَقَنِهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلِ مِنِّيْ وَلَا قُوَّةٍ

"Alhamdu lillahilladzi kasaanii haadzaa warozakonihi min goiri haulin minnii walaa quwwatin"
Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang memberi pakaian ini kepadaku sebagai rezeki daripada-Nya tanpa daya dan kekuatan dariku"

Doa memakai pakaian baru :

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ، أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرّ مَا صُنِعَ لَهُ، وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَاصُنِعَ لَهُ

"Allahumma lakalhamdu anta kasautaniihi, as'aluka min khoirihi wa khoiri ma sbuni'a lahu, wa a'uudzubika min syarrihi wa syarri ma shuni'a lahu"
" Ya Allah, engkaulah yang memberi pakaian ini kepadaku. Aku mohon krpada-Mu untuk memperoleh kebaikannya dan kebaikan yang di ciptakan karenanya, aku berlindung kepadamu dari kejahatannya dan kejahatan yang di ciptakanya"

Doa melepas pakaian:

بِسْمِ اللّٰهِ الَّذِيْ لآ إِلَهَ إِلأَ هُوَ
"Bismillahilladzi laailaha illa huwa"
Artinya:
"Dengan menyebut nama Allah yang tiada tuhan selain Dia"

Semoga kita bisa mengamalkannya sehingga  kita senantiasa di jaga dalam berpakaian, mendapat kebaikan dan tentunya mampu menutup aurat sesuai aturan syariat.





Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "Doa Ketika Memakai Dan Melepas Pakaian"