Doa Naik Kendaraan Darat, Laut Dan Udara Lengkap Arab, Latin, Arti Dan Penjelasannya




Assalamualaikum
Berkendara menjadi suatu kebutuhan bagi semua umat manusia tujuannya agar bisa sampai ke tempat yang di tuju dengan cepat, apalagi di jaman sekarang yang sudah moderen untuk pergi ke arab saja menunaikan ibadah haji bisa di tempuh dengan waktu cepat tidak seperti jaman dulu yang membutuhkan waktu sampai satu bulan lebih lamanya karena naik kapal laut.



Apalagi kabarnya di luar negri sana ada mobil yang melaju sendiri alias tanpa pengemudi bahkan sedang di kembangkan mobil yang mampu terbang , memang tekhnologi berkembang sangat pesat.

Tidak bisa di pungkiri kemajuan tekhnologi khususnya dalam hal kendaraan sangat membantu kita , namun kita juga tidak bisa menutup mata bahwa banyak kecelakaan terjadi yang menyebabkan nyawa melayang.

Maka dari itu agar kita selamat selama dalam perjalanan. Entah itu perjalanan darat seperti mobil dan motor, perjalanan laut seperti kapal laut atau perjalan udara seperti pesawat. Hendaknya kita membaca doa terlebih dahulu sebelum naik kendaraan yang akan kita gunakan.

Bagi anda yang belum tahu atau hafal akan doanya, tenang saja karena saya akan berbagi doanya untuk sobat pembaca semua.

Doa naik kendaraan :


بِسْمِ اللّٰهِ ،اَلْحَمْدُلِلّٰهِ، سُبْحَانَ الَّذي سَخَّرَ لَنَا هٰذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ 


وَإنَّا إِلٓى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ


اَلْحَمْدُلِلّٰهِ، اَلْحَمْدُلِلّٰهِ، اَلْحَمْدُلِلّٰهِ، اَللّٰهُ أَكْبَرُ، اَللّٰهُ أَكْبَر، اَللّٰهُ أَكْبَر


 سُبْحَا نَكَ اللّٰهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْلِي 


فَإِنَّهُ لآ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلّٓا أَنْتَ




Latin:
 "BISMILLAH, ALHAMDULILLAAH, SUBHAANALLDZII SAKHHORO LANAA HADZAA WA MAA KUNNA LAHUU MUQRININ WAINNAA ILAA ROBBINAA LAMUNKOLIBUUN, ALHAMDULILLAH 3X, ALLAHU AKBAR 3X, SUBHAANKALLAAHUMMA INNII DOLAMTU NAFSII FAGFIRLII, FAINNAHUU LA YAGFIRUDDZUNUBA ILLAA ANTA"
 Artinya:
Dengan nama Allah , segala puji bagi Allah. Maha suci tuhan yang menguasakan kendaraan ini kepada kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada tuhan kami(di hari kiamat). Segala puji bagi Allah 3x, Allah maha besar 3x. Maha suci Engkau ya Allah!Sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak akan mengampuni dosa selain Engkau.
Penjelasan:
Dalam doa pertama tama kita mengucapkan bismillah seperti kita tahu segala perbuatan kita harus di awali dengan bismillah , lalu dengan memuji kepada Allah kita bersyukur atas kendaraan yang kita gunakan karena atas kehendak Nya lah kita bisa menggunakannya dan hanya Kepadanyalah kita kembali.
Selanjutkan kita mengucapkan pujian kepada Allah SWT sebanyak 3 kali dan mengucapkan Allaahu akbar sebanyak tiga kali karena sesuai tuntunan agama ketika kita akan berdoa maka hendaknya memuji Allah SWT terlebih dahulu.
Seanjutnya kita menyadari diri kita penuh dengan dosa dan memuji Allah SWT kembali bahwa tidak ada yang bisa mengampuni dosa kita selain Allah SWT.
Untuk anda yang mungkin akan naik kendaraan laut atau pesawat maka bisa juga membaca doa di bawah ini.

Doa naik kendaraan laut atau udara:


بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآ إنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْر ٌرَّحِيْمِ


Latin
"BISMILLAAHI MAJROHAA WAMURSHAA, INNA ROBBII LAGOFUURURROHIIM"
Artinya:
Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih.
Penjelasan:
Kita mengawalinya dengan mengucap bismillah, karena atas kehendaknyalah kapal yang kita tumpangi mampu berlayar dan berlabuh. Lalu kita memuji kepada Allah SWT bahwa Ia Maha Pemaaf dan Maha Pengasih.

Jika dilihat dari arti dan makna yang tekandung di dalamnya. Doa di atas adalah doa untuk naik kendaraan laut saja, tapi sebenarnya doa di atas bisa juga untuk naik kendaraan udara atau pesawat. Karena sejauh ini saya belum menemukan atau bisa di bilang belum ada doa khusus untuk naik pesawat dan juga sesungguhnya Allah SWT tahu apa yang menjadi tujuan hati kita.

Demikian ulasan tentang doa naik kendaraan semoga mudah untuk di hafal meskipun doa yang pertama sedikit panjang tapi kalimat kalimatnya sudah lumrah atau biasa kita hafal dan semoga kita senantiasa mampu mengamalkannya agar kita srlalu mendapatkan keselamatan di perjalanan. Amiin






Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "Doa Naik Kendaraan Darat, Laut Dan Udara Lengkap Arab, Latin, Arti Dan Penjelasannya"