Doa Setelah Belajar Agar Tidak Lupa Lagi


Assalamualaikum.
Setiap orang memiliki daya ingat dan pemahaman yang berbeda, Tidak setiap orang memiliki daya ingat dan pemahaman yang bagus, mungkin ada sebagian orang yang hanya satu kali belajar langsung hafal dan tidak lupa lagi.


doa setelah belajar agar tidak lupa lagi,

Namun ada juga sebagian orang yang harus berkali kali belajar supaya hafal dan tidak lupa lagi.
Maka dari itu kita selaku umat muslim hendaknya berdoa terlebih dahulu sebelum dan setelah belajar, agar kita di mudahkan dalam menghafal apa yang kita pelajari.

Setelah sebelumnya saya sempat berbagi doa sebelum belajar maka dari itu sekarang saya akan berbagi doa setelah belajar, rasanya tidak afdol kalo saya hanya berbagi doa sebelum belajar.

Doa setelah belajar :


رَبِّ اِنِّى اِسْتَوْدَعْتُكَ مَا عَلَّمْتَنِى فَارْدُذْهُ عِنْدَ الْحاجَتِى بِرَحْمَتِكَ ياَ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

"Robbi innii istauda'tuka maa allamtanii fardudzhu i'ndal haajatii birohmatika yaa arhamarrohimin"
Artinya:
wahai tuhanku sesungguhnya aku titipkan pada-Mu apa yang telah kau ajarkan padaku, maka kembalikanlah padaku ketika aku membutuhkannya, dengan rahmatmu wahai dzat yang maha pengasih

Penjelasan :
Kita sadari bahwa manusia memang berifat pelupa,  maka dari itu haruslah kita menitipkan kepada sang pemilik sekaligus sang pemberi ilmu yang telah kita dapat agar ketika kita membutuhkannya Allah mengembalikannya kepada kita.

Apa anda termasuk orang yang sulit dalam menghafal suatu pelajaran? Jika iya maka bacalah doa tersebut. Setelah anda belajar, selain doa saya akan coba berbagi tips menghafal agar cepat tesimpan dalam otak.

Menurut pengalaman saya, ketika anda akan mengahafal suatu pelajaran atau anda di tuntut untuk menghafal ayat Al-Quran misalnya. Maka yang harus anda lakukan adalah membacanya berulang ulang kali dengan melihat teksnya atau tulisannya cukup membacanya tidak usah di ingat maka saya jamin anda akan mampu menghafalnya. Kuncinya berulang kali sebanyak mungkin

Kenapa bisa hafal ? Karena dengan berulang ulang nanti kita akan terbayang teksnya atau tulisannya jadi kita bisa membacanya walaupun kita tidak melihatnya secara langsung hanya dalam bayangan.
Itu lah sobat doa setelah belajar lengkap dengan arab, latin, terjemahan, penjelasan serta tips menghafal dari saya, semoga bermanfaat.











Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "Doa Setelah Belajar Agar Tidak Lupa Lagi"