Doa Niat Mandi Wajib Atau Adus Arab Latin Dan Artinya

Assalamualaikum...
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi doa atau niat mandi wajib atau adus. Namun sebelum mengetahui doanya ada baiknya kita mengetahui tentang mandi wajib itu sendiri. Simak penjelasan di bawah ini.


niat adus, niat mandi junub, niat mandi besar


Mandi wajib atau adus ada pula yang menyebutnya mandi besar atau mandi junub adalah cara seorang muslim untuk menghilangkan hadas besar, seperti kita ketahui hadas itu terbagi menjadi dua, pertama hadas besar yang bisa hilang dengan mandi wajib atau adus, kedua hadas kecil yang bisa hilang dengan wudhu.

Penyebab wajibnya mandi adus ada enam yaitu keluar mani dengan syahwat, bertemuanya dua kelamin (bersetubuh), haid dan nifas (setelah darah berhenti), melahirkan dan meninggal.

Mandi wajib atau adus berbeda dengan mandi biasa, kebanyakan orang awam tidak bisa membedakannya. Mereka melakukan mandi wajib seperti mandi biasa saja padahal sangat berbeda, syarat mandi wajib atau adus adalah air harus sampai ke seluruh bagian tubuh termasuk lubang lubang yang bisa terlihat dengan mata.

Padahal mandi wajib merupakan hal yang sangat penting bagi umat muslim, karena merupakan pangkal syah tidak nya ibadah yang di haruskan suci dari dua hadas. Contohnya dalam sholat Karena apabila mandi wajib yang kita lakukan tidak syah maka tidak syah pula sholat yang kita lakukan.

Maka dari itu wajiblah bagi kita untuk mengetahui dan hafal ilmu tentang tata cara mandi wajib atau adus yang benar agar ibadah kita syah dan di terima oleh Allah SWT.

Kembali ke bahasan utama di bawah ini adalah doa atau niat mandi wajib yang bisa anda baca. Berikut niatnya:


ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺍﻟْﻐُﺴْﻞَ ﻟِﺮَﻓْﻊِ ﺍﻟْﺤَﺪَﺙِ ﺍْﻻَﻛْﺒَﺮِ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠّٰﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ


"NAWAITULGUSLA LIROF'IL HADATSIL AKBARI FARDON LILLAAHI TA'ALAA"

Artinya:
"Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah Taala."

Niat di atas bisa di baca untuk semua penyebab di wajibkannya adus, memang ada bacaan yang khusus contohnya setelah selesai haid namun niat di atas sudah mencakup semuanya.
Sekian uraian tentang doa atau niat mandi wajib semoga bermanfaat.



Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "Doa Niat Mandi Wajib Atau Adus Arab Latin Dan Artinya"