Doa Sebelum Dan Sesudah Wudhu Yang Benar Sesuai Sunnah


Assalamualaikum...
Wudhu merupakan syarat bagi seorang muslim dalam melaksanakan ibadah. Ibadah seperti apa ? Yaitu ibadah yang memiliki syarat hilangnya hadas kecil atau suci dari hadas kecil. Maka dari itu wajiblah bagi kita berwudhu karena dengan berwudhu hadas kecil yang kita miliki akan hilang.

doa sebelum dan sesudah wudhu yang benar sesuai sunnah


Melihat penjelasan di atas, maka peran wudhu sangatlah penting dalam melaksanakan ibadah contohnya dalam sholat, karena apabila wudhu yang kita kerjakan tidak syah maka tidak syah pula sholat yang kita  kerjakan.

Maka dari itu wajib bagi kita untuk mempelajari dan paham ilmu tentang wudhu. Sehingga Kita bisa melaksanakan Tata cara wudhu yang benar dan sah untuk beribadah

Selain melaksanakan wudhu dengan benar di sunnahkan bagi kita untuk membaca doa sebelum dan setelah melaksanakan wudhu. Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi doanya.

Doa sebelum wudhu :


اَلْحَمْدُ ِللّٰهِ الَّذِىْ جَعَلَ هذَاالْمَآءَ طَهُوْرًارَبِّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَاَعُوْذُبِكَ رَبِّ اَنْ يَحْضُرُوْنِ


"Alhamdulillahiladzi ja'ala haadzal maa-a thohuuroon robbi innii a'udzubika min hamazaatis syayaathiini wa a'udzubika robbi ayyahduruun"

Artinya:
Segala puji bagi Allah yang menjadikan air ini suci dan menyucikan. Ya Allah, aku mohon berilndung kepada Mu dari godaan syaiton dan aku mohon perlindungan-Mu dari godaan syaiton yang akan datang.

Doa sesudah wudhu:


اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللّٰهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْن

"Asyhadu alla ilaaha illalloh wahdahuu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rosuuluh, allohummaj'alnii minattawwaabiin waj'alnii minal mutathohiriin, waj 'alni min 'ibadhikas-sholihiin"

Artinya:
Aku bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada sekutu bagi-nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad SAW adalah hamba-Nya dan Utusan-Nya. Ya Alloh jadikanlah aku orang yg ahli taubat dan jadikanlah aku orang yg suci dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yg Soleh .

Catatan ada suatu pendapat :
Sebelum membaca doa sesudah wudhu terlebih dahulu membaca surat Al-Qodr sebanyak 3 kali. Berikut bacaannya:


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيم إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (١) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (٢) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ (٣) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ (٤) سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ (٥)


Selain berfungsi menghilangkan hadas kecil, wudhu juga memiliki banyak manfaat diantaranya meredam amarah, di ampuni dosa, wajah akan nampak bercahaya dan masih banyak manfaat lainnya.

Demikian sobat pembahasan tentang doa sebelum dan sesudah wudhu, dengan selalu membacanya semoga kita mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW karena telah melaksanakan apa yang telah menjadi sunnahnya.









Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "Doa Sebelum Dan Sesudah Wudhu Yang Benar Sesuai Sunnah "