Doa Sholat Dhuha Lengkap Arab Latin Dan Artinya


Doa sholat dhuha di baca ketika selesai melaksanakan sholat dhuha.

Doa Sholat Dhuha Lengkap, doa sholat dhuha Latin Dan Artinya


Di lansir dari wikipedia Sholat dhuha adalah sholat yang dilaksanakan pada waktu dhuha yaitu ketika matahari mulai naik 7 hasta sejak terbitnya jika di jamkan sekitar jam 7 sampai menjelang waktu dzuhur.

Tata cara sholat dhuha sama saja dengan sholat sunnah lainnya, yang membedakannya hanya terletak pada niat dan surat yang di bacanya saja ada beberapa surat yang di anjurkan di anataranya yaitu surat Al-Waqi’ah Surat Asy-Syams, Surat Ad-Duha, Surat Al-Kafirun, Surar Quraisy, Surat Al-Ikhlas.

Mengenai manfaat atau fadilah sholat dhuha sepertinya sudah bukan rahasia umum lagi bahwa sholat dhuha dapat melapangkan rizky. Dengan terbiasa melaksanakan sholat dhuha insyAllah Rizky kita akan lapang.

Jika sobat ingin melaksanakan sholat dhuha namun belum hafal doanya berikut saya akan berbagi doa yang di baca setelah selesai sholat dhuha:


اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ

وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ



Allahumma innaddhuhaa-a dhuhaa-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal 'ismata 'ismatuka. Allahumma in kana rizqi li fissama-i fa-anzilhu, wa in kana fil ardhi fa akhrijhu, wa in kana mu’assaron fa yassirhu,wa in kana haroman fathohhirhu, wa in kana ba’iidan faqorribhu, bihaqqi dhuhaa-ika, wa bahaa-ika, wa jamaalika, wa quwwatika, wa qudrotika, aatini ma atayta 'ibadakas sholihin"

Artinya:
"Ya Allah, bahwasannya waktu dhuha itu adalah waktu dhuha-Mu, dan keagungan itu adalah keagungan-Mu, dan keindahan itu adalah keindahan-Mu, dan kekuatan itu adalah kekuatan-Mu, dan perlindungan itu adalah perlindungan-Mu. Ya Allah, jika rizkiku masih di atas langit, maka turunkanlah, jika masih di dalam bumi, maka keluarkanlah, jika masih sukar, maka mudahkanlah, jika (ternyata) haram, maka sucikanlah, jika masih jauh, maka dekatkanlah, Berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepadahamba-hambaMU yang sholeh"

Sebgai pelengkap :

Niat sholat dhuha:


اُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلّٰهِ تَعَالَى


Usholli sunnataddhuhaa rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.

Artinya:
Aku niat melakukan shalat sunat dhuha 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala.

Hadis sholat dhuha:


مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ

قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّة


Artinya:
Barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh.” Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” (HR. Tirmidzi no. 586. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits inihasan)


أَوْصَانِي خَلِيلِي بِثَلَاثٍ لَا أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَصَلَاةِ الضُّحَى وَنَوْمٍ عَلَى وِتْر

Artinya:
“Kekasihku telah mewasiatkan aku tiga hal agar aku jangan tinggalkan sampai mati. 1. Puasa tiga hari setiap bulan. 2. Shalat dhuha.3. Shalat witir sebelum tidur.”  (HR. Bukhari No. 1124, 1880, Muslim No. 721,  Abu Daud No. 1432, Ad Darimi No. 1454, 1745)

Demikian sobat doa sholat dhuha, niat sholat dhuha dan hadits sholat duha yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat



Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "Doa Sholat Dhuha Lengkap Arab Latin Dan Artinya"