Doa Ayat Kursi Arab Latin Dan artinya


Bacaan doa ayat kursi arab latin dan artinya

Doa ayat Kursi merupakan bacaan yang masih terdapat dalam Al-Quran yaitu surat Al-Baqarah ayat 255, makna dari kursi itu sendiri berarti singasana.

Mengenai ayat kursi terdapat sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ubay bin ka'ab. Hadis ini menunjukan bahwa ayat kursi merupakan ayat paling agung dalam Al Qur'an. Isinya tentang keesaan Allah serta kekuasaan Allah yang mutlak atas segala sesuatu dan bahwa Ia tidak kesulitan sedikitpun dalam memeliharanya.

Berikut makna hadistnya:
Imam Ahmad meriwayatkan dari Ubay bin ka'ab, bahwa Nabi pernah bertanya kepadanya: "Apakah ayat yang paling agung di dalam kitab Allah?"
"Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui," sahut Ubay bin Ka'ab.

Maka Nabi mengulang-ulang pertanyaan tersebut,
kemudian Ubay bin Ka'ab pun menjawab: "Ayat Kursi."
Lalu dia mengatakan: "Engkau akan dilelahkan oleh ilmu, hai Abu Mundzir. 

Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya ayat kursi itu mempunyai satu lidah dan dua bibir yang senantiasa menyucikan al-Malik (Allah) di sisi tiang 'Arsy."

Doa Ayat Kursi Arab Latin Dan Artinya

Dan berikut saya akan berbagi doa yasin arab latin dan artinya:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

"Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim"
"Artinya:
Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhlukNya, tidak mengantuk dan tidak tidur KepunyaanNya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izinNya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang meraka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS : Al-Baqarah : 255)"

Fadilah Atau Manfaat Ayat Kursi

Karena keagungannya tak heran ayat kursi ini memiliki begitu banyak fadilah atau keutamaan diantaranya:

Terjaga dari syetan

Seorang yang hendak tidur, maka ia akan terbebas dari gangguan setan jika membaca ayat kursi terlebih dahulu. Keterangan ini didapat dari hadist Abu Hurairah yang berbicara dengan seorang pencuri jelmaan setan. Ia pun kemudian mendatangi Rasulullah untuk melaporkan kejadian yang dialaminya.

Abu Hurairah berkata, “Wahai Rasulullah, ia mengaku bahwa ia mengajarkan suatu kalimat yang Allah beri manfaat padaku jika membacanya sehingga aku pun lepas dirinya. Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam kemudian bertanya, “Apa kalimat tersebut?” Abu Hurairah menjawab, “Ia mengatakan padaku, jika aku hendak pergi tidur di ranjang, hendaklah membaca ayat kursi hingga selesai yaitu bacaan ‘Allahu laa ilaaha illa huwal hayyul qayyum’. Lalu ia mengatakan padaku bahwa Allah akan senantiasa menjagaku dan setan pun tidak akan mendekatiku hingga pagi hari. Dan para sahabat lebih bersemangat dalam melakukan kebaikan.”

Rasulullah kemudian bersabda, “Adapun dia kala itu berkata benar, namun asalnya dia pendusta. Engkau tahu siapa yang bercakap denganmu hingga tiga hari itu, wahai Abu Hurairah?” “Tidak” Jawabnya. Nabi kemudian berkata, “Dia adalah setan”. (HR Bukhari)

Menjadi sebab masuknya ke surga

Ayat kursi juga menjadi salah satu amalan yang dapat menjadikan kita masuk ke dalam surga Allah.
Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang membaca ayat kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian.” (HR An Nasai).

Mencerdaskan akal dan pikiran

Syeikh Abu Abbas menerangkan, siapa yang membacan Ayat Kursi sebanyak 50 kali lalu ditiupkannya pada air hujan kemudian diminumnya, insya-Alloh, Alloh akan mencerdaskan akal fikirannya serta memudahkannya menerima ilmu pengetahuan.

Terjaga dari kejahatan

Nabi Muhammad bersabda : Umatku yang membaca Ayat Kursi 12 kali pada pagi Jum’at, kemudian berwudhu dan sholat sunnah dua roka’at, Alloh memeliharanya daripada kejahatan syaitan dan kejahatan pembesar.

Kunci rezeki dan jodoh

Terdapat sebuah hadis yang menjelaskan hal ini berikut terjemahan hadisnya:
Rasulullah pernah bertanya kepada salah seorang lelaki dari kalangan sahabatnya, “Hai Fulan, apakah kamu sudah menikah?” Laki-laki itu menjawab, “Belum, karena aku tidak mempunyai biaya untuk menikah.” 

Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam bertanya, “Bukankah kamu telah hafal qul huwallahu ahad (surat Al Ikhlas)?” Lelaki itu menjawab, “Memang benar.” Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “seperempat Al Quran.”
“Bukankah kamu telah hafal qulya ayyuhal kaafirun (surat Al Kafirun)?” Laki-laki itu menjawab, “Benar.” 

Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “seperempat Al Quran.”
“Bukankah kamu telah hafal idzaa zulzilati (surat al zalzalah)?” Laki-laki itu menjawab, “Benar.” Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “seperempat Al Quran.”

“Bukankah kamu telah hafal idzaa jaa’a nashrullah (surat an nashr)?” Laki-laki itu menjawab, “Benar.” Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “seperempat Al Quran.”

“Bukankah kamu telah ayat kursi (Allahu laa ilaha illa huwa)?” Laki-laki itu menjawab, “Benar.” Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “seperempat Al Quran.” (HR. Ahmad, dikutip Ibnu Katsir saat menjelaskan tafsir ayat kursi). 

Penutup

Bagaimana sobat ternyata begitu banyak keutamaan yang bisa kita dapat ketika kita dawam mengamalkan ayat kursi bukan hanya mengusir syetan saja seperti yang sudah biasa kita ketahui, maka dari itu bacalah ayat kursi ini secara dawam.

Sekian artikel tentang Doa ayat kursi arab latin dan artinya yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga kita mendapat manfaat dari sayat kursi ini. Semoga bermanfaat bagi sobat semua.

Posting Komentar untuk "Doa Ayat Kursi Arab Latin Dan artinya"