Pengertian air mutlak dalam ilmu fiqih

penejelasan air mutlak

Air mutlak adalah air suci dan mensucikan lebih sederhananya jika sobat bersuci menggunakan air jenis ini maka bersuci sobat syah dan bisa digunakan untuk ibadah.


Pengertian di atas merupakan pengertian paling simple namun seseuai jargon blog ini lebih dalam mendalami ilmu islam jadi mari kita bahas lebih dalam makna air mutlak ini.

Menurut ulama fiqih air mutlak adalah:

مطلق عن القيد الازم

Artinya: bebas dari ikatan penamaan yang tetap


Maksudnya begini jadi air mutlak itu air yang bebas dari ikatan nama baru dan memang sudah memiliki nama asal yang tetap yang lumrah di ketahui oleh orang awam secara kebiasaan dan lisan.

Masih bingung ? Mari kita contohkan biasanya dalam contoh lebih mudah dimengerti.

Contoh air mutlak adalah air sumur atau air laut, setiap orang jika ditanya sambil menunjuk ke arah laut atau sumur, pasti sudah tahu itu air sumur dan air laut. Dan nama air sumur dan air laut memang sudah melekat pada kedua jenis air tersebut.

Contoh yang bukan air mutlak adalah air kopi atau air sirup, jenis air ini tidak bisa di sebut air mutlak, karena sudah memiliki qaid atau ikatan nama baru karena sudah pasti air kopi atau air sirup bukanlah nama asalnya bisa saja air asalnya adalah air sumur atau air sungai setelah dicampur kopi atau sirup maka berubah menjadi air kopi dan air sirup.

Jadi jika ada pertanyaan bolehkah berwudhu dengan air sirup ?
Maka jawabannya tidak boleh dan tidak syah meskipun air sirup tersebut banyak melebihi 2 kulah.

Saya yakin sobat pun pasti sudah faham secara logika mana mungkin air sirup, air kopi dan lainnya di gunakan untuk bersuci, nah dari sini bisa di simpulkan air yang bukan mutlak adalah air yang tidak memungkinkan digunakan untuk bersuci.

Bila masih bingung air mutlak itu ada 7 seperti yang sudah saya bahas di artikel sebelumnya yaitu:
1. Air hujan
2. Air embun
3. Air es
4. Air laut
5. Air sumur
6. Air sungai
7. Air mata air

Bagaimana apa sekarang sobat sudah paham mengenai air mutlak? Mudah mudahan faham yah.hehe

Semoga penjelasan saya mudah di mengerti dan tidak membuat sobat bingung. Sekian dulu untuk pembelajaran ilmu fiqih kali ini semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pengertian air mutlak dalam ilmu fiqih"