Pengertian Thaharah Beserta Penjelasan Lengkapnya

penjelasan tentang apa itu thaharah

Memahami pengertian thaharah bagi umat muslim menjadi suatu keharusan, dengan demikian sobat bisa menerapkan konsep thaharah dalam kegiatan beribadah. Tanpa pemahaman akan hal tersebut sobat akan kesulitan dalam praktek ibadah dalam islam.

Pada artikel kali ini kami akan membahas secara lengkap apa itu thaharah, maka dari itu baca terus artikel kami kali ini sampai selesai.

Apa Itu Thaharah?

Pengertian thaharah menurut bahasa adalah النظافة atau bersih, bersih dari apa? Bersih dari kotoran dan najis.

Adapun pengertian thaharah secara ma'nawi yaitu membersihkan hati dari berbagai penyakit hati seperti uzub, riya dan dengki.

Sedangkan menurut istilah syara dalam ilmu fiqih, sebagaimana menurut Imam Syafi'i:

ﺭﻓﻊ ﺣﺪﺙ، ﻭﺇﺯﺍﻟﺔ ﻧﺠﺲ، ﻭﻣﺎ ﻓﻲ ﻣﻌﻨﺎﻫﻤﺎ، ﺃﻭ ﻋﻠﻰ ﺻﻮﺭﺗﻬﻤﺎ

Artinya:
"Menghilangkan hadast atau menghilangkan najis dan yang terdapat dalam makna keduanya atau dalam gambaran keduanya"

Baca Juga: 4 Macam Air Yang Makruh Jika Digunakan Untuk Bersuci

Mari kita rinci pengertian di atas lebih dalam.

  • Menghilangkan hadas contohnya wudhu dan adus
  • Menghilangkan najis contohnya beristinja dengan air dan mencuci baju untuk menghilangkan najis
  • Yang terdapat dalam makna menghilangkan hadats contohnya tayamum, dan wudhu nya orang sedang darurat seperti orang beser. Jadi tayamum dan wudhunya orang beser sebenarnya tidak menghilangkan hadats hanya tujuan atau makna fi dalamnya sama dengan menghilangkan hadats.
  • Yang terdapat dalam makna menghilangkan najis contohnya bersuci dengan batu karena sebenarnya bersuci dengan cara ini tidak sepenuhnya najis hilang dan bersih karena pasti masih terdapat sisa.
  • Yang terdapat dalam gambaran menghilangkan hadats contohnya basuhan sunnah dalam wudhu dan tajdidul wudhu(wudhunya orang yang masih memiliki wudhu), basuhan sunnah dan tajdidul wudhu tidak menghilangkan hadats namun gambarannya sama dengan menghilangkan hadats.
  • Yang terdapat dalam gambaran menghilangkan najis contohnya basuhan kedua dan ketiga ketika menghilangkan najis. Basuhan kedua dan ketiga sebenarnya tidak menghilangkan najis namun gamabarannya sama dengan menghilangkan najis.

Dan kesemua contoh dalam rincian di atas termasuk kedalam pengertian thaharah menurut syara atau ilmu fiqih. Jadi secara pengertian mudahnya Thaharah berarti bersuci.

Tujuan Thaharah

Jika sobat perhatikan dalam pengertian di atas terdapat 4 tujuan bersuci:
  • Bertujuan menghilangkan hadats yaitu wudhu dan tayamu
  • Bertujuan menghilangkan najis yaitu membasuh najis dan istinja
Jadi bisa di tarik kesimpulan bahwa bersuci itu memiliki atau terbagi menjadi 4 tata cara yaitu wudhu, tayamum, membasuh najis dan beristinja.

Alat Untuk Bersuci

Selanjutnya apa saja yang menjadi wasaail atau alat untuk bersuci ?
Dalam ilmu fiqih terdapat 4 perkara yang bisa di gunakan untuk bersuci :

1. Air
2. Tanah atau debu
3. Batu
4. Menyamak(atau kulit hewan yang sudah di keringkan

Bagaimana apakah sobat sudah paham tentang thaharah? Artikel ini hanya fokus ke pengertian Thaharah saja dan pembahasan Thaharah masih sangat panjang namun artikel ini menjadi dasar untuk memahami bahasan ilmu fiqih selanjutnya, karena yang akan di bahas selanjutnya sekilas sudah di sebutkan pada artikel ini. Sekian dari saya semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Pengertian Thaharah Beserta Penjelasan Lengkapnya"