Berapakah Ukuran Bak Mandi 2 Qullah itu?


penjelasan ukuran bak mandi 2 qullah

Setiap rumah pasti ada WC nya dan setiap WC pasti ada bak mandinya, nah sudahkah sobat perhatikan ukuran bak mandi di rumah sobat ?

Apakah ukuran bak mandinya mampu menampung air 2 qullah ? Dan berapakah volume 2 qullah itu untuk jawabannya silahkan baca artikel ini dulu Berapakah Volume air 2 Qullah itu ?

Jika sudah mari kita lanjutkan, dalam artikel tersebut di jelaskan betapa pentingnya pemahaman air 2 qullah dan yang lebih penting lagi adalah pengaplikasian 2 qullah itu sendiri dalam kehidupan sehari hari contohnya seperti yang akan kita bahas ini yaitu BAK MANDI.

Ukuran Bak Mandi 2 Qullah

Langsung saja berikut rincian ukuran bak mandi agar bisa menampung 2 qullah:

  • Apabila bak mandi yang digunakan berbentuk segi empat, maka panjang, lebar dan kedalaman bak mandi tersebut adalah 1 seperempat dziro'.
  • Apabila bak mandi yang digunakan berbentuk segi tiga, maka panjang ketiga sisinya adalah 2 setengah dziro’ dan kedalamannya 2 dziro’.
  • Apabila bak mandi yang digunakan berbentuk lingkaran, maka lebarnya adalah 1 dziro’ dan kedalamannya 2 setengah dziro’.
Catatan:
1 Dziro’ = 48 cm

Mari kita sederhanakan

1. Bak Segi empat 

Panjang 60 cm
Lebar 60 cm
Tinggi 60 cm

2. Bak segitiga

Panjang 120 cm
Tinggi 96

3. Bak lingkaran

Lebar atau diameter 48 cm
Tinggi 120 cm

Itulah ukuran bak mandi yang seharusnya di terapkan di rumah seorang muslim, karena ini sangat penting maka dari itu janganlah menyepelekannya.

Tidak sedikit dan masih sering saya temui WC yang tidak menggunakan bak melainkan ember saja, ember memang boleh asalkan itu tadi ukurannya harus sesuai dengan yang sudah di sebutkan di atas, namun kebanyakan ember yang digunakan tidaklah sesuai dengan ukuran tersebut dengan kata lain tidak mampu menampung air 2 qullah.

Catatan:
Ukuran ukuran di atas hanya ukuran pas dalam artian air yang ada dalam bak tersebut haruslah penuh. Maka dari itu sebaiknya ukuran ukuran di atas di tambah atau di lebihi beberapa cm.

Sekian sobat artikel yang menbahas ukuran bak mandi 2 qullah ini, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi sobat semua.

Posting Komentar untuk "Berapakah Ukuran Bak Mandi 2 Qullah itu?"