3 Ayat Al-Quran Tentang Sabar Lengkap Arab Terjemahan Dan Tafsirnya

Ayat Al-Quran Tentang Sabar Lengkap Arab Terjemahan Dan Tafsirnya

Ayat al-Quran tentang sabar menawarkan panduan spiritual yang mendalam dan menginspirasi bagi setiap individu dalam menghadapi ujian dan kesulitan. Dalam kehidupan yang penuh dengan tantangan, kesabaran menjadi kunci untuk menjaga ketenangan hati dan pikiran. 

Al-Quran, sebagai kitab suci umat Islam, mengandung banyak ayat yang tidak hanya mendorong umatnya untuk bersabar, tetapi juga menjelaskan pahala dan keutamaan yang akan diperoleh bagi mereka yang berhasil mengamalkannya. 

Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan kesabaran, memberikan wawasan tentang bagaimana ajaran ini dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari."

Mengenal Sifat Sabar

Sifat sabar merupakan sifat yang harus senantiasa ada dan tertanam di hati seorang muslim. Mengapa demikian ? Karena jelas saja Allah sangat menyukai orang sabar. Jangankan Allah sebagai pencipta kita. Sifat sabar pun sangat disukai oleh sesama mahluk yaitu sesama manusia. 

Maka dari itu janganlah cepat marah atau berkeluh kesah atas apa yang menimpa kepada kita, karena yakinilah bahwa setiap cobaan yang Allah berikan kepada kita, itu  semata mata merupakan ujian.

Sifat sabarlah harus kita tingkatkan untuk menghadapai cobaan tersebut, supaya kita bisa lulus dari ujian yang Allah berikan.

Karena sifat sabar ini terbilang sangat penting untuk dimiliki seorang hamaba-Nya, maka tak heran begitu banyak ayat Al-Quran yang menbahas tentang sifat sabar ini, berikut untuk lebih lengkapnya:

1. Ayat Al-Quran Tentang Sabar

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar." (Q.S Al-Baqarah: 153).

Tafsir Ayat Tentang Sabar:

Wahai sekalian orang-orang yang beriman, Mintalah bantuan dari Allah dalam seluruh urusan kalian dengan bersabar dalam menghadapi berbagai bala dan musibah, dan  bersabar dalam meninggalkan maksiat-maksiat dan dosa-dosa ,serta bersabar dalam menjalankan ketaatan dan ibadah-ibadah serta amalan yang mendekatkan kepada Allah, dan dengan shalat yang menyebabkan jiwa-jiwa menjadi tentram, serta dapat menahan diri dari perbuatan keji dan munkar. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bersabar dengan pertolongan Nya,  Taufik dan tuntunan Nya kepada jalan yang lurus. Dalam ayat ini terdapat dalil penetapan “Ma’iyyah” (kebersamaan) Allah yang khusus bagi kaum Mukminin, yang mendatangkan apa yang telah disebutkan. Adapun “ma’iyyah” (kebersamaan) yang bersifat umum yang bermakna mengetahui dan meliputi, maka itu berlaku umum pada semua makhluk. (Tafsir al-Muyassar) 

Wahai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan dengan kesabaran dan salat untuk melakukan ketaatan kepada-Ku dan tunduk pada perintah-Ku. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. Dia senantiasa membimbing dan menolong mereka. (Tafsir al-Mukhtashar) 

Wahai orang-orang mukmin, saling tolong menolonglah dengan penuh kesabaran dalam menanggung beban yang disyariatkan seperti shalat, puasa dan jihad, serta dengan melakukan shalat yang bisa mempererat hubungan dengan Allah, menghilangkan kesedihan, dan kebingungan. Sesungguhnya Allah menemani dan menyelamatkan orang-orang yang bersabar (Tafsir al-Wajiz) 

2. Ayat Al-Quran Tentang Sabar


وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

Artinya: "Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu amat berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’." (Q.S Al-Baqarah: 45).

Tafsir ayat:

Dan mintalah pertolongan atas segala urusan kalian melalui  kesabaran dengan seluruh jenisnya dan juga shalat, sesungguhnya hal tersebut  amat berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu. Yaitu orang  yang takut kepada Allah dan mengharapkan apa-apa yang ada di sisi-Nya, serta meyakini bahwa mereka benar-benar akan berjumpa dengan Tuhan mereka setelah  kematian, dan bahwasanya mereka akan kembali kepadanya pada hari kiamat untuk menghadapi perhitungan dan pembalasan amal perbuatan mereka. (Tafsir al-Muyassar) 

Mintalah pertolongan dalam menghadapi segala situasi yang berkaitan dengan masalah agama dan dunia kalian dengan kesabaran dan salat yang dapat mendekatkan dan menghubungkan diri kalian dengan Allah. Maka Allah akan menolongmu dalam mengatasi setiap kesulitan yang menderamu. Sesungguhnya salat itu benar-benar sulit dan berat kecuali bagi orang-orang yang tunduk dan patuh kepada Rabb mereka. (Tafsir al-Mukhtashar) 

Saling tolong-menolonglah kalian dengan bersabar dalam ketaatan dan menahan nafsu syahwat; dan melakukan shalat pada waktunya dengan khusyu’ karena dalam keduanya ada sesuatu yang dapat mengendalikan diri kalian, menahan ketidaknyamanan kalian, menghentikan kalian untuk berbuat buruk dan (mendorong) melakukan kebaikan. Shalat itu amat sangat berat kecuali bagi mereka yang menundukkan diri untuk mengagungkan Allah dan takut dengan siksaNya (Tafsir al-Wajiz)

3. Ayat Al-Quran Tentang Sabar



وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

Artinya:
 "Dan sungguh akan Kami uji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar" (Q.S Al-Baqarah: 155)
Tafsir Ayat:
Dan kami akan benar-benar menguji kalian dengan sedikit rasa takut, kelaparan dan kekurangannya harta karena kesulitan dalam mendapatkannya atau hilang sama sekali. Dan dari jiwa dengan terjadinya kematian atau mati syahid dijalan Allah, dan dengan berkurangnya buah-buahan kurma, anggur, dan biji-bijian karena sedikitnya hasil panen atau rusak. Dan berilah kabar gembira -wahai nabi- kepada orang-orang yang bersabar dalam menghadapi persoalan ini dan persoalan-persoalan yang serupa dengan apa-apa yang membahagiakan mereka dan menyenangkan mereka berupa kesudahan yang baik di dunia dan akhirat. (Tafsir al-Muyassar) 

Sungguh Kami benar-benar akan menguji kalian dengan aneka musibah. Yakni dengan sedikit rasa takut kepada musuh, rasa lapar karena kekurangan makanan, kekurangan harta benda karena hilang atau sulit mendapatkannya, berkurangnya jiwa akibat bencana yang menelan korban jiwa atau gugur di medan jihad fi sabilillah, dan berkurangnya buah-buahan yang tumbuh di muka bumi. Dan berikanlah -wahai Nabi- kabar gembira kepada orang-orang yang sabar menghadapi musibah tersebut, bahwa mereka akan mendapatkan sesuatu yang menyenangkan hati mereka di dunia dan di akhirat. (Tafsir al-Mukhtashar) 

Dan supaya Kami bisa membuat kalian berinteraksi dengan ujian untuk mengetahui orang yang kuat dan lemah imannya dengan diselimuti oleh ketakutan (yaitu bahaya dari musuh atau hal lain) kelaparan (kelaparan dan kehausan) atau kekurangan harta yang kalian miliki seperti binatang ternak dan kehilangan nyawa karena mati terbunuh dalam jihad, sakit, serta kekurangan buah karena wabah penyakit. Wahai rasulullah berilah kabar gembira untuk orang-orang yang bersabar dengan kemenangan atas surga, ampunan dan rahmat (Tafsir al-Wajiz)
Itulah 3 ayat Al-Quran yang memmbahas tentang sifat sabar, semoga dengan mengetahui ayat tersebut kawan seiman sekalian bisa lebih meningkatkan nlai kesabaran dalam menjalani kehidupan sehari hari.
Sehingga kawan seiman mampu untuk senantiasa bersabar atas ketentuan ketentuan yang telah Allah SWT berikan kepada kita. amiin.

Posting Komentar untuk "3 Ayat Al-Quran Tentang Sabar Lengkap Arab Terjemahan Dan Tafsirnya"