Sholawat Syifa(Tibbil Qulub) Lengkap Arab Latin, Arti Beserta Manfaatnya

Sholawat Syifa(Tibbil Qulub) Lengkap Latin, Arti Beserta Manfaatnya

Sholawat Syifa (Tibbil Qulub), sebagai salah satu doa dan pujian yang diajarkan dalam Islam, telah lama dikenal memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan spiritual maupun fisik. Berasal dari bahasa Arab, 'Sholawat' berarti pujian, sedangkan 'Syifa' berarti penyembuhan dan 'Tibbil Qulub' berarti pengobatan hati. 

Dalam tradisi Islam, sholawat ini sering dibaca untuk memohon kesembuhan dari segala penyakit dan untuk membersihkan hati dari penyakit-penyakit batin. 

Pastikan sahabat seiman membaca artikel ini sampai selesai, karena Penulis akan mengulas lengkap mengenai sholawat syifa ini, mulai dari bacaan/lirik, arti beserta manfaat yang bisa sahabat seiman dapat dari sholawat ini.

Anjuran Membaca Sholawat

Bagi umat Muslim membaca sholawat merupakan amalan yang bisa mendatangkan pahala dan keberkahan.

Dan hal ini sangatlah di anjurkan oleh Allah SWT, sebagaiman Allah berfirman dalam Al-Quran

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya:

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah untuknya dan bersalamlah dengan sebenar-benar salam.“ (QS. Al-Ahzab: 56)

Bahkan dalam kitab Kifayatul Atqiya dijelaskan ketika seorang muslim membaca sholawat, namun dihatinya terbesit riya maka orang tersebut tetap mendapat pahala. 

وأن جميع الأعمال منها المقبول و منها المردود الا الصلاة على النبي صلى الله عليه و سلم فإنها مقطوع بقبولها إكراما له صلى الله عليه و سلم و حكى اتفاق العلماء على ذلك

"Sesungguhnya sebagian dari amal itu ada yang diterima, ada juga yang tertolak, kecuali shalawat kepada Nabi, maka ia dipastikan diterima karena sebagai bentuk pemuliaan kepada Nabi Muhammad SAW. Diriwayatkan kesepakatan ulama tentang hal ini." (Kifayatul Atqiya’halaman 48)

Apa itu sholawat Syifa(Tibbil Qulub)

Jika merujuk pada makna secara harfiah penamaan, Syifa yang berarti penyembuh atau Tibbil Qulub yang berarti Obat hati. Kedua nama tersebut memilik inti makna yang sama. 

Jika di artikan secara konteks makna yang terkandung. Sholawat syifa adalah sebuah panjatan doa kepada Allah SWT untuk Nabi Muhammad SAW dengan berupa sifat dan keutamaan beliau.

Dan Para ulama sepakat ketika seroang Muslim membaca sholawat mendoakan Nabi muhammad SAW maka Doa dalam sholawat tersebut akan kembali kepada orang muslim tersebut. Jadi pada intinya kita berdoa kepada Allah dengan perantara mendoakan Nabi Muhammad SAW.

Bacaan/Lirik Sholawat Syifa(Tibbil Qulub)

Dan berikut redaksi bacaan atau lirik Sholawat Tibbil Qulub arab latin beserta artinya

Sholawat syifa Arab

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Sholawat syifa Latin

"Allohumm sholli 'ala sayyidina Muhammadin, tibbil quluubi wa dawaa-iha, wa 'aafiyatil abdaani wa syifa-iha, wa nuuril abshoori wa dliyaa-iha, wa 'ala aalihi wa shahbihi wa sallim."

Sholawat Syifa terjemahan

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada baginda kami Nabi Muhammad yang menjadi obat dan penyembuhan hati, penyehat dan penyelamat badan, cahaya dan sinar penglihatan, dan limpahkan kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya, dan berilah kesejahteraan."

Sejarah Sholawat Syifa

Bicara sejarah pasti berkaitan erat dengan pertanyaan berikut:

  • Siapa pencipta Sholawat ini?
  • Apakah Nabi menganjurkan sholawat ini?

Baik Penulis jawab satu persatu.

Siapa pencipta sholawat Syifa(Tibbil Qulub)? 

Menurut sebuah riwayat Sholawat ini merupakan gubahan(baca:karangan) dari seorang Ulama Mesir. Ulama yang dimaksud adalah Syaikh Ahmad ibn Ahmad Ibn Ahmad Al-Adawi Al-Maliki Al-Khalawati Al-Dardir.

Beliau terkenal dengan nama Syaikh Dardir dan dijuluki sebagai Abu Barakat atau bapaknya keberkahan. Gubahan Sholawat Tibbil Qulub dapat ditemukan dalam kitab Saadah ad-Darain fi Shalat ‘Ala Sayyid Al-Kaunnain yang ditulis oleh Syaikh Yusuf bin Ismail.

Apakah Nabi Muhammad mengajarkan Sholawat ini?

Mengenai hal ini masih diperdebatkan karena memang tidak terdapat satupun hadits Nabi terkait sholawat syifa.

Para imam ahlul hadits seperti Imam Asy Syafi’i, Imam Malik, Imam Ahmad, tidak ada satupun yang meriwayatkan dalam kitab kitab hadits mereka baik dalam kitab Al-Umm, Kitab Muwaththa, atau Musnad Ahmad.

Untuk lebih jelas dan lengkapnya sahabat seiman bisa membaca artikel berikut ini Misteri Sholawat Tibbil Qulub dari blog problematikaumat.com yang menurut penulis pembahasannya sangat bagus dan detail.

Manfaat/khasiat Sholawat Syifa(Tibbil Qulub)

Sesuai dengan arti namanya Sholawat Syifa/Tibbil Qulub dipercaya memiliki manfaat terkait penyembuhan maka tak heran di masa pandemi covid ini banyak orang mulai mengamalkan sholawat ini. Di antara manfaatnya:

1. Sebagai Penenang hati

Sudah bukan rahasia umum dan seringkali banyak ulama menjelaskan bahwasanya ketika seorang Muslim sering membaca Sholawat, maka ia akan mendapatkan ketenangan hati.

Segala rasa resah dan gelisah dijamin hilang jika sahabat seiman sering mengamalkan bacaan sholawat, termasuk sholawat syifa ini.

2. Menyembuhkan berbagai penyakit

Sudah sejak lama umat Muslim percaya akan hal ini, bukan tanpa alasan jika melirik makna dari nama dan kandungan yang terdapat di dalam bacaannya jelas jelas semuanya tentang kesembuhan.

3. Sebagai pertahanan diri dari penyakit.

Selain dipercaya bisa menyembuhkan penyakit sholawat syifa juga dipercaya bisa mencegah datangnya penyakit.

Hal ini sejalan dengan poin nomor 1 ketenangan hati, karena jika hati dan pikiran tenang penyakit pun akan susah datang.

4. Obat penyakit hati

Merupakan sifat manusiawi memilki penyakit hati semisal iri, dengki, hasud dan sifat tercela lainnya.

Selain menyembuhkan penyakit fisik Sholawat ini dipercaya juga bisa menyembuhkan atau menghilangkan penyakit hati.

Cara mengamalkan sholawat Tibbil Qulub

Tidak ada cara khusus atau bilangan khusus dalam mengamalkan sholawat ini. Semakin sering atau semakin banyak maka semakin bagus. 

Adapun menurut Syekh Abu Thalib Al-Makki di dalam kitab Qûtul Qulûb menyebutkan bahwa jumlah minimal dalam memperbanyak membaca sholawat(umum) adalah 300 kali di siang dan malam hari.

Penutup

Itulah bacaan Sholatwat Syifa(Tibbil Qulub) lengkap arab, latin dan terjemahannya yang bisa Penulis bagikan. Pada intinya segala penyakit dan kesembuhannya adalah milik Allah SWT, kita selaku hambanya hanya bisa berserah diri disertai dengan berdoa meminta terhindar dari penyakit dan kesembuhan atas penyakit.

Mungkin doa tersebut bisa berupa sholawat syifa ini dengan perantara Nabi tercinta kita Nabi Muhammad SAW.Apalagi di masa pancaroba sekarang ini kita harus selalu meminta kepada-Nya supaya terhindar dari segala macam penyakit dan tetap diberikan kesehatan.

Terkait sebagian orang mengatakan bidah akan sholawat ini dan tidak di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Hemat Penulis, Penulis selalu mengikuti arahan para Guru Penulis. Dan sampai saat ini belum pernah ada yang melarang untuk mengamalkannya bahkan meraka pun selalu mengamalkannya.

Tapi Disclaimer bukan sebuah ajakan, ini hanya bagi diri Penulis pribadi.Sekian semoga apa yang Penulis sampaikan pada artikel Sholawat Syifa/Tibbil Qulub kali ini bisa bermanfaat bagi sahabat seiman semua.

Posting Komentar untuk "Sholawat Syifa(Tibbil Qulub) Lengkap Arab Latin, Arti Beserta Manfaatnya"