Doa Sayyidul Istigfar (Allahumma Anta Robbi) Supaya Di Ampuni Dosa

Doa Sayyidul Istigfar (Allahumma Anta Robbi) Supaya Di Ampuni Dosa

Doa sayyidul Istigfar hendaknya senantiasa selalu kita baca, supaya Allah mengampuni dosa dosa yang kita lakukan. Berbicara dosa, patut kita sadari sebagai manusia (yang memang tak luput dari dosa) seringkali kita tidak mampu untuk menjaganya dan menghindarinya.

Entah itu dari lisan ataupun perbuatan, entah itu dosa kecil ataupun dosa besar. Bahkan terkadang kita tidak menyadari perbuatan kita tersebut adalah dosa. Meskipun begitu yakinlah! bahwa Allah maha pengampun dan yakinlah pula besarnya pengampunan Allah tidak sebesar dosa kita.

Pada kesempatan kali ini Penulis akan berbagi doa yang bisa sobat baca, dengan harapan Allah ridho menghapus dosa dosa yang pernah kita lakukan.

Apa Itu Doa Sayyidul Istigfar?

Jika merujuk pada makna penamaan, Sayyidul berarti Raja dan Istigfar berarti memohon ampun. Jadi jika di gabungkan artinya rajanya bacaan memohon ampun. 

Jika begitu bisa di artikan pula bahwa doa ini merupakan doa yang memang khusus untuk meminta ampunan kepada Allah atas segala dosa yang pernah kita lakukan.

Doa ini pun di ajarkan oleh Rasulullah SAW dalam suatu hadis,  Rasulullahﷺ  menjelaskan dalam hadits yang diriwayatkan dari Syaddad bin Aus radiyallahu ‘anhu:

Dari  Syaddad bin Aus Radhiyallahu anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , “Sesungguhnya Istighfâr yang paling baik adalah seseorang hamba mengucapkan, “Ya Allâh, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau. Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau”.

“Barangsiapa mengucapkannya di waktu siang dengan penuh keyakinan lalu meninggal pada hari itu sebelum waktu sore, maka ia termasuk penghuni surga. 

Barangsiapa membacanya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk penghuni surga.

Bagaimana Bacaan doa Sayyidul istighfar?

Lalu bagaimana bacaan doa tersebut berbunyi?  berikut Penulis bagikan lengkapnya:

Doa Sayyidul Istigfar Arab

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ
مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا 
أَنْتَ

Doa Sayyidul Istigfar Latin

Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta khalaqtani wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu. A'udzu bika min syarri ma shana'tu. Abu u laka bini'matika 'alayya wa abuu u bidzanbi faghfirlii fa innahu la yaghfirudz-dzunuba illa anta.

Doa Sayyidul Istigfar Artinya

Ya Allah, Engkau Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau, Engkau menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku dengan Engkau dan aku berjanji untuk melaksanakannya sebaik mungkin. Aku berlindung dengan Engkau dari kejahatan yang telah aku lakukan.

Apa manfaat membaca Sayyidul istighfar?

Membaca Istighfar tentunya berarti bahwa kita meminta pengampunan atas segala dosa, seperti sudah Penulis singgung di atas kita sebagai manusia biasa pasti tidak lepas dari yang namanya dosa.

Maka dari itu rajinlah membaca istighfar supaya dosa dosa kita di ampuni oleh Allah SWT.  Jangan ragu akan ampunan Allah SWT, karena Allah SWT berfriman dalam Al-Quran : 

وَإِنِّي لَغَفَّارٌ لِمَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا ثُمَّ اهْتَدَىٰ

Wa innii la Ghaffaarul liman taaba wa aamana wa 'amila saalihan summah tadaa.

Artinya: "Dan sungguh, Aku Maha Pengampun bagi yang bertobat, beriman dan berbuat kebajikan, kemudian tetap dalam petunjuk." (Thâha:82).

Kesimpulannya manfaat doa Sayyidul Istighfar ini sudah jelas supaya Allah mengampuni dosa kita.

Keutamaan Doa Sayyidul Istigfar

1. Menjadi Jalan bagi Datangnya Ampunan

Hal ini sudah sngat jelas, sebagaimana Nabi Muhammad Saw bersabda "Setiap penyakit ada obatnya, dan obatnya dosa-dosa adalah istighfar

2. Menjadi Jalan untuk Masuk Surga

Imam Al-Bukhari meriwayatkan sebuah hadits dari Syaddad bin Aus bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang membaca sayidul istighfar di sore hari, lalu ia meninggal di malam itu, niscaya ia termasuk penghuni surga.

3. Membuka Jalan Datangnya Kesenangan yang Baik

Mengamalkan Sayyidul Istighfar dianggap membuka pintu untuk kebahagiaan yang baik dalam kehidupan. Doa ini dipandang sebagai sarana untuk memohon berkah dan kebahagiaan dari Allah.

4. Menjadi Doa Penolak Bala'

Sayyidul Istighfar juga dipercaya sebagai doa yang memberikan perlindungan terhadap bencana dan ancaman. Dengan mengamalkan doa ini, seseorang meminta perlindungan dari Allah terhadap segala jenis malapetaka dan musibah yang mungkin terjadi.

5. Sebagi Doa Penarik Rezeki

Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa senantiasa beristigfar,niscaya Allah menjadika untuk setiap kesedihannya kelapangan dan untuk setiap kesempitan jalan keluar dan akan diberi-Nya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka (HR Abu Daud)

6. Mendapatkan Rahmat Allah

Rahmat berarti kasih sayang, sudah pasti jika kita mendapat ampunan dari Allah maka Allah akan menyayangi kita.

7. Mendapat Hujan Keberuntungan

Hal ini sesuai dengan apa yang Rasulullah SAW sabdakan: Beruntunglah orang yang di dalam catatan amalnya terdapat istighfar yang banyak.” (HR. Ibnu Majah; shahih).

FAQ

Sebagai pelengkap berikut ini Penulis sertakan juga beberapa pertanyaan yang sering di ajukan terkait doa Sayyidul Istighfar ini:

Allahumma anta robbi doa apakah itu?

Allahumma anta robbi merupakan penggalan doa dari doa Sayyidul Istighfar yaitu:"Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta khalaqtani wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu. A'udzu bika min syarri ma shana'tu. Abu u laka bini'matika 'alayya wa abuu u bidzanbi faghfirlii fa innahu la yaghfirudz-dzunuba illa anta" 

Berapa kali kita harus membaca Sayyidul istighfar?

Sesuai apa yang di ajarkan oleh Rasulullah yaitu 100 kali berikut hadits yang menjelaskan hal ini: ari al-Gharr al-Muzanny RA, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda,"Sesungguhnya hatiku telah lalai, aku beristighfar dalam sehari sebanyak seratus kali."

Kapan waktu yang tepat untuk membaca mengamalkan Sayyidul istighfar?

Sayyidul Istighfar sebaiknya dibaca pada waktu subuh, mulai dari setelah terbit fajar shadiq hingga setelah shalat Subuh. Doa ini juga bisa diucapkan di sore hari, dari setelah shalat Zhuhur hingga tengah malam.

Bolehkah Sayyidul istighfar dibaca setelah sholat fardhu?

Tentu saja boleh, hal ini juga sudah menjadi kebiasaan bagi umat msulim untuk membaca wirid stelah sholat yang di dalam wird tersebut memang terdapat bacaan istighfar

Mengapa disebut Sayyidul istighfar?

Sesuai makna dari namanya, karena bacaan ini merupakan rajanya bacaan meminta ampunan.

Apakah doa Sayyidul Istighfar sahih?

Jawabannya doa tersebut memang sahih, dan di ajarkan oleh Raulullah berdasarkan hadits sahih berikut ini:

عَنْ شَدَّادِ بْنِ أَوْسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : سَيِّدُ الْاِسْتِغْفارِ أَنْ يَقُوْلَ الْعَبْدُ : اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ
لَا إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمتِكَ عَلَيَّ
، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ مَنْ قَالَهَا مِنَ النَّهَارِ مُوْقِنًا بِهَا ، فَمَـاتَ مِنْ يوْمِهِ قَبْل أَنْ يُمْسِيَ
، فَهُو مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ ، وَمَنْ قَالَهَا مِنَ اللَّيْلِ وَهُوَ مُوْقِنٌ بِهَا فَمَاتَ قَبْلَ أَنْ يُصْبِحَ ، فَهُوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ
 
Dari  Syaddad bin Aus Radhiyallahu anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , “Sesungguhnya Istighfâr yang paling baik adalah seseorang hamba mengucapkan, “Ya Allâh, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau. Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau”.

(Beliau bersabda) “Barangsiapa mengucapkannya di waktu siang dengan penuh keyakinan lalu meninggal pada hari itu sebelum waktu sore, maka ia termasuk Penghuni Surga. Barangsiapa membacanya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk Penghuni Surga. (Imam al-Bukhari dalam shahîhnya No. 6306, 6323, dan al-Adabul Mufrad  no. 617, 620)

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang doa sayyidul istghfar yang bisa Penulis bagikan dan bahas secara lengkap, pada intinya setiap doa yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik, terlebih doa tersebut di ajarkan langsung oleh Rasulullah SAW. Sekian dari Penulis semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Doa Sayyidul Istigfar (Allahumma Anta Robbi) Supaya Di Ampuni Dosa"