Sholawat Badawiyah Arab Latin Dan Artinya: Perantara Bertemu Rasulullah SAW

Sholawat Badawiyah Arab Latin Dan Artinya: Perantara Bertemu Rasulullah SAW

Sholawat Badawiyah Kubro atau biasa di kenal juga dengan sebutan sholawat badawi, merupakan bacaan sholawat yang di tulis atau di ciptakan oleh ulama Sufi Syekh Badawi yang mana beliau merupakan murid dari Syekh Abdul Qodir Al-Jailani.

Pada kesempatan kali ini Penulis akan berbagi sholawat tersebut, sholawat ini sangat banyak fadilahnya yang paling terkenal yaitu biasa memberikan ketenangan batin pembacanya.

Siapakah Sosok Syekh Badawi?

Beliau merupakan ulama ahli sufi yang sangat agung, garis keturunannya tersambung kepada Rasulullah SAW lewat nasab sayyidina Husein. 

Syekh Ahmad Badawi meninggal pada tahun 675 H di Kota Tanta Negara Mesir. Setiap pertengahan bulan Oktober, acara haul Syekh Ahmad Al-Badawi diadakan oleh masyarakat sebagai bentuk penghormatan pada hari wafatnya. Peringatan ini dikenal sebagai salah satu acara haul terbesar, hanya diungguli oleh peringatan haul Sayidina Husain, cucu Rasulullah Saw.

Terdapat cerita unik mengenai Syekh Badawi, Jika Ulama lainnya sering bermunajat kepada Allah SWT di masjid, lain hal dengan Syekh Badawi yang sering bermunajat di loteng rumahnya.

Bacaan Sholawat Badawiyah Kubro Arab Latin Dan Artinya

Lalu bagaimana bacaan Sholawat Badawiyah itu? Berikut Penulis bagikan lengkapnya, karena cukup panjang Penulis sarankan untuk mencatatnya di kertas.

Arab 

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻭَﺳَﻠِّﻢْ ﻭَﺑَﺎﺭِﻙْ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻭَﻣَﻮْﻻَﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺷَﺠَﺮَﺓِ ﺍﻷَﺻْﻞِ ﺍﻟﻨُّﻮﺭَﺍﻧِﻴَّﺔِ . ﻭَﻟَﻤْﻌَﺔِ ﺍﻟْﻘَﺒْﻀَﺔِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﺎﻧِﻴَّﺔِ . ﻭَﺃَﻓْﻀَﻞِ ﺍﻟْﺨَﻠِﻴْﻘَﺔِ ﺍْﻹِﻧْﺴَﺎﻧِﻴَّﺔِ . ﻭَﺃَﺷْﺮَﻑِ ﺍﻟﺼُّﻮْﺭَﺓِ ﺍﻟْﺠِﺴْﻤَﺎﻧِﻴَّﺔِ . ﻭَﻣَﻌْﺪِﻥِ ﺍْﻷَﺳْﺮَﺍﺭِ ﺍﻟﺮَّﺑَّﺎﻧِﻴَّﺔِ . ﻭَﺧَﺰَﺍﺋِﻦِ ﺍﻟْﻌُﻠُﻮْﻡِ ﺍﻟْﺈِﺻْﻄِﻔَﺎﺋِﻴَّﺔِ . ﺻَﺎﺣِﺐِ ﺍﻟْﻘَﺒْﻀَﺔِ ﺍﻷَﺻْﻠِﻴَّﺔِ . ﻭَﺍﻟْﺒَﻬْﺠَﺔِ ﺍﻟﺴَّﻨِﻴَّﺔِ ﻭَﺍﻟﺮُّﺗْﺒَﺔِ ﺍﻟْﻌَﻠِﻴَّﺔِ . ﻣَﻦِ ﺍﻧْﺪَﺭَﺟِﺖِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻴُّﻮْﻥَ ﺗَﺤْﺖَ ﻟِﻮَﺍﺋِﻪِ ﻓَﻬُﻢْ ﻣِﻨْﻪُ ﻭَﺇِﻟَﻴْﻪِ . ﻭَﺻَﻞِّ ﻭَﺳَﻠِّﻢْ ﻭَﺑَﺎﺭِﻙْ ﻋَﻠِﻴْﻪِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ . ﻋَﺪَﺩَ ﻣَﺎ ﺧَﻠَﻘْﺖَ ﻭَﺭَﺯَﻗْﺖَ ﻭَﺃَﻣَﺖَّ ﻭَﺃَﺣْﻴَﻴْﺖَ ﺇِﻟَﻰ ﻳَﻮْﻡِ ﺗَﺒْﻌَﺚُ ﻣَﻦْ ﺃَﻓْﻨَﻴْﺖَ ﻭَﺳَﻠِّﻢْ ﺗَﺴْﻠِﻴﻤﺎً ﻛَﺜِﻴﺮﺍً ﻭَﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠّﻪِ ﺭَﺏِّ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦَ.
Latin
Allahumma Sholli ‘alaa Sayyidina Muhammadin Syajarotil ashlin nuurooniyyah, ,walam‘atil qob-dhotir rohmaaniyyah, waa afdholil kholiiqotil insaaniyyah, wa asyrofish-shurooti jasmaaniyyah wama’dinil asroori robbaniyyah, wa khozaa-inil ‘uluumil ishthifaa-iyyah shoohibil qobdhotil ashliyyah, wal baHjatis-saniyyah wa rutbatil ‘aliyyah man indarojatin nabiyyuna tahta liwa-ihi fahum minhu wa ilaihi. Wa sholli wa sallim wabarik ‘alaihi wa ‘alaa alihi wa shohbihi ‘adada ma kholaqta wa rozaqta wa amatta wa ahyaita ilaa yaumi tab’atsu man afnaita wa sallim tasliman katsiiron walhamdulillahi robbal ‘alamiin.

Terjemahan

Ya Allah limpahkanlah shalawat dan salam dan keberkahan pada junjungan dan pemimpin kami Nabi Muhammad Saw, pohon asal nuraniah, cahaya genggaman sang Rahman, insan paling utama, gambaran jasmani termulia, sumber rahasia Rabbani, khazanah ilmu pilihan, keelokan yang luhur, derajat yang tinggi, insan yang para nabi lain tergabung dibawah panjinya. Mereka darinya dan akan menuju padanya.

Limpahkan sholawat dan salam dan keberkahan padanya serta kepada keluarga dan para sahabatnya, sebanyak jumlah makhluk yang Engkau ciptakan, Engkau berikan rezeki, Engkau matikan dan Engkau hidupkan, sampai hari ketika Engkau bangkitkan mereka yang Engkau matikan sebelumnya.

Limpahkanlah salam kesejahteraan kepadanya sebanyak-banyaknya.Dan segala puji hanya milik Allah, Tuhan sekalian Alam.` 

Keutamaan Dan Manfaat Sholawat Badawi 

Seperti sudah Penulis ulas di atas Sholawat ini di percaya memiliki banyak khasiat bagi pembacanya, jika memang selalu rutin mengamalkan sholawat ini. Berikut diantaranya:

1. Setara Dengan Membaca Dalail 100.000 kali

Dalam kitab "Talkhiis al-Ma'aarif fii targhib Muhammad Aarif" yang ditulis oleh Hasan ibn Muhammad Qahhi, tercatat sebuah kisah menarik tentang seorang wali yang bernama Muhammad Talmaysani. Menurut riwayat tersebut, Muhammad Talmaysani telah mengulang pembacaan Dalail al-Khairat sebanyak 100.000 kali. 

Suatu malam yang penuh keberkahan, ia mengalami mimpi yang luar biasa di mana Rasulullah SAW datang menemuinya. Dalam mimpi tersebut, Rasulullah mengatakan kepada Muhammad Talmaysani bahwa membaca bacaan Ahmad al-Badawi setara dengan membaca Dalail al-Khairat sebanyak 80.000 kali.

2. Di kabulkan Keinginan

keutamaan kedua sholawat Badawi, disebutkan bahwa bagi mereka yang ingin menggapai keinginan atau cita-cita mereka, disarankan untuk melakukan puasa sunah selama tiga hari yang dimulai pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Selama menjalankan puasa ini, seseorang diharapkan untuk membaca amalan sholawat Badawiyah sebanyak 21 kali setelah setiap kali selesai menjalankan shalat. 

3. Bertemu Dengan Raulullah SAW

Keutamaan lain dari sholawat Badawiyah adalah bagi mereka yang berkeinginan untuk bertemu dengan Nabi Muhammad SAW dalam mimpi. Untuk mencapai hal ini, disarankan untuk mengamalkan membaca sholawat Badawiyah selama 40 hari secara istikamah. Selain itu, dianjurkan untuk membaca sholawat tersebut sebanyak tiga kali setelah menjalankan shalat subuh dan maghrib setiap hari. 

4. Di Mudahkan Segala Urusan

Di antara ulama juga dikenal bahwa barang siapa membaca Sholawat Badawiyah sebanyak 100 kali dalam keadaan suci dari hadats, Allah SWT akan memudahkan segala urusannya. Amalan ini menunjukkan bagaimana sholawat ini memperlancar berbagai urusan duniawi dengan bantuan dan kemudahan dari Allah SAW.

5. Di Berikan Ketenangan Batin

Diriwayatkan oleh Sayid Ahmad Badawi Ra, memiliki berbagai keutamaan yang dapat membantu umat dalam mengatasi kesulitan dan memperoleh ketenangan batin. Salah satu praktik yang dianjurkan adalah membaca sholawat ini sebanyak mungkin ketika seseorang menghadapi kesulitan atau bahaya, baik yang bersifat khusus maupun umum. Melalui amalan ini, dipercaya bahwa seseorang akan mendapatkan ketenangan batin dengan izin Allah SWT.

Penutup

Itulah pembahasan tentang Solawat Badawiyah secara lengkap yang bisa Penulis sampaikan. Bagaimana? Sobat tertarik dengan manfaat dari sholawat ini yang begitu hebat. Jika iya mulai dari sekarang rajinlah mengamalkan sholawat ini. Seandainya pun keinginan Sobat belum terpenuhi, membaca Sholawat kepada Rasulullah merupakan amalan yang mendatangkan pahal besar. Sekian semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Sholawat Badawiyah Arab Latin Dan Artinya: Perantara Bertemu Rasulullah SAW"