Perbedaan Puji dan Syukur Menurut Pandangan Islam

Perbedaan Puji dan Syukur Menurut Pandangan Islam

Saat kita berbicara tentang puji dan syukur, sering kali kedua istilah ini dianggap memiliki makna yang sama. Namun, setelah ditelusuri lebih mendalam, terdapat perbedaan mendasar antara keduanya.

Pada artikel ini Penulis akan membahas secara detail perbedaan antara puji dan syukur, berdasarkan pandangan para ulama serta bagaimana kedua konsep ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Puji dan Syukur

Sebelum membahas lebih jauh mengenai perbedaan puji dan syukur, penting bagi penulis untuk mengajak kamu memahami pengertian dasar dari kedua istilah ini.

  • Puji: Merupakan sanjungan yang diberikan kepada seseorang atau sesuatu karena sifat-sifat yang dimiliki, baik sifat yang tetap maupun sifat yang menular. Puji dapat dilakukan hanya melalui ucapan, misalnya saat kita memuji seseorang atas kecerdasannya atau kebaikannya. Dalam bahasa Arab, pujian sering diungkapkan dengan kata "Alhamdulillah," yang berarti segala puji bagi Allah.
  • Syukur: Berbeda dengan puji, syukur lebih bersifat respons atas nikmat atau kebaikan yang diterima. Syukur tidak hanya diucapkan, tetapi juga diwujudkan melalui hati, lisan, dan perbuatan. Sebagai contoh, seseorang yang bersyukur atas rezeki yang diberikan Allah, bisa menunjukkan syukurnya dengan menggunakan rezeki tersebut untuk hal-hal yang bermanfaat.

Persamaan Puji dan Syukur

Sebagian ulama berpendapat bahwa puji dan syukur memiliki kesamaan. Menurut Ibnu Jarir at-Thabari, puji dan syukur dapat digunakan secara bergantian, karena keduanya merupakan bentuk sanjungan. 

Pendapat ini juga didukung oleh ulama seperti Ja'far as-Shadiq dan Ibnu Atho' as-Shufi, yang menekankan bahwa baik puji maupun syukur mengandung makna yang sama, yakni pengakuan terhadap keagungan dan kebaikan seseorang atau sesuatu.

Pendapat lain yang sejalan adalah pernyataan dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa "Alhamdulillah" adalah kalimat yang sering diucapkan oleh orang-orang yang bersyukur. Hal ini menunjukkan bahwa dalam beberapa konteks, puji dan syukur dapat saling menggantikan.

Perbedaan Antara Puji dan Syukur

Namun, banyak ulama, termasuk Ibnu Katsir, menentang pandangan bahwa puji dan syukur sepenuhnya sama. Menurutnya, ada perbedaan yang jelas antara keduanya, terutama dalam hal sifat dan cara penggunaannya.

1. Objek Sanjungan

  • Puji: Menurut para ulama, pujian dapat diberikan atas dua jenis sifat:
    • Sifat tetap (lazim): Sifat yang melekat pada seseorang atau sesuatu, seperti kecerdasan atau kekuatan.
    • Sifat yang menular (muta'adi): Sifat yang berdampak pada orang lain, seperti kemurahan hati atau kebaikan.
    Sebagai contoh, penulis bisa mengatakan, "Aku memuji dia karena kecerdasannya (sifat tetap)," atau "Aku memuji dia karena kemurahan hatinya (sifat menular)."
  • Syukur: Syukur hanya terjadi atas sifat menular, yaitu sifat yang membawa manfaat atau kebaikan kepada orang lain. Misalnya, kita bersyukur atas kemurahan hati seseorang yang telah membantu kita. Syukur tidak digunakan untuk sifat tetap seperti kecerdasan. Contoh yang benar adalah, "Aku bersyukur atas kemurahan hatinya."

2. Bentuk Ekspresi

  • Puji: Terbatas hanya pada ucapan. Ketika seseorang memuji, hal itu selalu dilakukan melalui kata-kata, misalnya, "Alhamdulillah" sebagai bentuk pujian kepada Allah atas segala sifat-Nya yang mulia.
  • Syukur: Lebih luas dalam hal ekspresi. Syukur dapat diekspresikan melalui tiga cara:
    • Hati: Merasakan rasa syukur dalam hati.
    • Lisan: Mengucapkan rasa syukur, seperti dengan mengatakan "Alhamdulillah."
    • Perbuatan: Menunjukkan rasa syukur melalui tindakan nyata, misalnya, menggunakan nikmat yang diberikan Allah untuk kebaikan.

3. Kapan Digunakan?

  • Puji: Dapat digunakan dalam berbagai situasi, baik untuk menyatakan kekaguman atas sifat tetap maupun sifat menular. Misalnya, penulis bisa memuji seseorang atas kecerdasan (sifat tetap) maupun kemurahan hati (sifat menular).
  • Syukur: Hanya digunakan dalam konteks sifat yang menular, yaitu ketika kita mendapatkan manfaat atau nikmat dari seseorang. Misalnya, kamu bisa bersyukur atas bantuan atau kebaikan yang kamu terima, tetapi tidak tepat untuk mengucapkan syukur atas sifat-sifat yang tidak berdampak langsung pada kamu.

Mana yang Lebih Umum, Puji atau Syukur?

Menurut ulama muta'akhirin, terdapat dua pandangan yang berbeda mengenai mana yang lebih umum antara puji dan syukur. Ada yang berpendapat bahwa:

  1. Puji lebih umum daripada syukur: Puji mencakup lebih banyak hal karena bisa digunakan untuk sifat tetap dan sifat menular, sementara syukur hanya terbatas pada sifat menular.
  2. Syukur lebih umum daripada puji: Syukur lebih luas dalam hal ekspresi, karena bisa diwujudkan dengan hati, lisan, dan perbuatan, sedangkan puji hanya bisa diungkapkan melalui ucapan.

Namun, yang benar adalah bahwa keduanya bisa lebih umum atau lebih khusus tergantung pada konteks penggunaannya. Puji lebih umum dalam hal sifat, sementara syukur lebih umum dalam hal ekspresi.

Referensi

1. Kitab tafsir ibnu katsir (1/129) :



[ وَقَالَ ابْنُ جَرِيرٍ : الْحَمْدُ لِلَّهِ ثَنَاءٌ أَثْنَى بِهِ عَلَى نَفْسِهِ وَفِي ضِمْنِهِ أَمَرَ عِبَادَهُ أَنْ يُثْنُوا عَلَيْهِ فَكَأَنَّهُ قَالَ : قُولُوا : الْحَمْدُ لِلَّهِ ] .

قَالَ : وَقَدْ قِيلَ : إِنَّ قَوْلَ الْقَائِلِ : ( الْحَمْدُ لِلَّهِ ، ثَنَاءٌ عَلَيْهِ بِأَسْمَائِهِ وَصِفَاتِهِ الْحُسْنَى ، وَقَوْلُهُ : الشُّكْرُ لِلَّهِ ثَنَاءٌ عَلَيْهِ بِنِعَمِهِ وَأَيَادِيهِ ، ثُمَّ شَرَعَ فِي رَدِّ ذَلِكَ بِمَا حَاصِلُهُ أَنَّ جَمِيعَ أَهْلِ الْمَعْرِفَةِ بِلِسَانِ الْعَرَبِ يُوقِعُونَ كُلًّا مِنَ الْحَمْدِ وَالشُّكْرِ مَكَانَ الْآخَرِ .

[ وَقَدْ نَقَلَ السُّلَمِيُّ هَذَا الْمَذْهَبَ أَنَّهُمَا سَوَاءٌ عَنْ جَعْفَرٍ الصَّادِقِ وَابْنِ عَطَاءٍ مِنَ الصُّوفِيَّةِ . وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ : الْحَمْدُ لِلَّهِ كَلِمَةُ كُلِّ شَاكِرٍ ، وَقَدِ اسْتَدَلَّ الْقُرْطُبِيُّ لِابْنِ جَرِيرٍ بِصِحَّةِ قَوْلِ الْقَائِلِ : الْحَمْدُ لِلَّهِ شُكْرًا ] .

وَهَذَا الَّذِي ادَّعَاهُ ابْنُ جَرِيرٍ فِيهِ نَظَرٌ ؛ لِأَنَّهُ اشْتُهِرَ عِنْدَ كَثِيرٍ مِنَ الْعُلَمَاءِ مِنَ الْمُتَأَخِّرِينَ أَنَّ الْحَمْدَ هُوَ الثَّنَاءُ بِالْقَوْلِ عَلَى الْمَحْمُودِ بِصِفَاتِهِ اللَّازِمَةِ وَالْمُتَعَدِّيَةِ ، وَالشُّكْرُ لَا يَكُونُ إِلَّا عَلَى الْمُتَعَدِّيَةِ ، وَيَكُونُ بِالْجَنَانِ وَاللِّسَانِ وَالْأَرْكَانِ ، كَمَا قَالَ الشَّاعِرُ :

أَفَادَتْكُمُ النَّعْمَاءُ مِنِّي ثَلَاثَةً يَدِي وَلِسَانِي وَالضَّمِيرُ الْمُحَجَّبَا

وَلَكِنَّهُمُ اخْتَلَفُوا : أَيُّهُمَا أَعَمُّ ، الْحَمْدُ أَوِ الشُّكْرُ ؟ عَلَى قَوْلَيْنِ ، وَالتَّحْقِيقُ أَنَّ بَيْنَهُمَا عُمُومًا وَخُصُوصًا ، فَالْحَمْدُ أَعَمُّ مِنَ الشُّكْرِ مِنْ حَيْثُ مَا يَقَعَانِ عَلَيْهِ ؛ لِأَنَّهُ يَكُونُ عَلَى الصِّفَاتِ اللَّازِمَةِ وَالْمُتَعَدِّيَةِ ، تَقُولُ : حَمِدْتُهُ لِفُرُوسِيَّتِهِ وَحَمِدْتُهُ لِكَرَمِهِ . وَهُوَ أَخَصُّ لِأَنَّهُ لَا يَكُونُ إِلَّا بِالْقَوْلِ ، وَالشُّكْرُ أَعَمُّ مِنْ حَيْثُ مَا يَقَعَانِ عَلَيْهِ ، لِأَنَّهُ يَكُونُ بِالْقَوْلِ وَالْعَمَلِ وَالنِّيَّةِ ، كَمَا تَقَدَّمَ ، وَهُوَ أَخَصُّ ؛ لِأَنَّهُ لَا يَكُونُ إِلَّا عَلَى الصِّفَاتِ الْمُتَعَدِّيَةِ ، لَا يُقَالُ : شَكَرْتُهُ لِفُرُوسِيَّتِهِ ، وَتَقُولُ : شَكَرْتُهُ عَلَى كَرَمِهِ وَإِحْسَانِهِ إِلَيَّ . هَذَا حَاصِلُ مَا حَرَّرَهُ بَعْضُ الْمُتَأَخِّرِينَ ، وَاللَّهُ أَعْلَمُ .

2. Kitab mu'jamul furuq (1/202) :



الفرق بين الحمد والشكر والمدح : الحمد: هو الثناء باللسان على الجميل، سواء تعلق بالفضائل كالعلم، أم بالفواضل كالبر.

والشكر: فعل ينبئ عن تعظيم المنعم لاجل النعمة، سواء أكان نعتا باللسان، أو اعتقادا، أو محبة بالجنان، أو عملا وخدمة بالاركان.

وقد جمعها الشاعر في قوله : أفادتكم النعماء مني ثلاثة * يدي ولساني والضمير المحجب

فالحمد أعم مطلقا، لانه يعم النعمة وغيرها، وأخص موردا إذ هو باللسان فقط، والشكر بالعكس، إذ متعلقه النعمة فقط، ومورده اللسان وغيره. فبينهما عموم وخصوص من وجه، فهما يتصادقان في الثناء باللسان على الاحسان، ويتفارقان في صدق الحمد فقط على النعت بالعلم مثلا، وصدق الشكر فقط على المحبة بالجنان، لاجل الاحسان.


Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa puji dan syukur memiliki persamaan dan perbedaan yang penting. Meskipun keduanya sama-sama bentuk sanjungan, puji lebih fokus pada sifat yang dimiliki, sedangkan syukur lebih berhubungan dengan nikmat yang diterima. Puji terbatas pada ucapan, sementara syukur bisa diwujudkan dengan hati, lisan, dan perbuatan.

Dengan memahami perbedaan ini, penulis berharap kamu dapat lebih bijak dalam menggunakan kedua istilah tersebut, baik dalam konteks ibadah maupun interaksi sehari-hari.

Musbat Goasudin
Musbat Goasudin Mantan santri, insyaAllah suka ngaji dan berbagi

Posting Komentar untuk "Perbedaan Puji dan Syukur Menurut Pandangan Islam"