Ada Oknum Catut Nama MUI Solo Untuk Datangkan 3 Dubes di UMS

Bahkan, Prof Zaenal mengakui adanya pihak gelap yang mencatut nama MUI Solo dalam acara kontroversial tersebut. Prof Zaenal juga menyatakan ada pihak yang mengklaim bahwa MUI Solo telah merekomendasikan acara tersebut.

Pria berprofesi dokter inipun sudah mensomasi penyelenggara acara Seminar Internasional kontroversial tersebut dan telah memanggil pihak terkait, dalam hal ini Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Dalam nasihatnya, Prof Zaenal menegaskan agar seminar yang menghadirkan para Dubes tersebut dibatalkan. “Laskar marah semua. Saya khawatir UMS jadi ajang demo dari luar, saran PP Muhammadiyah agar dicancel,” saran Ketua MUI Solo tersebut, Rabu (21/8).

Siapakah Oknum MUI Solo?

Dari segala penelusuran yang Islampos.com lakukan, pihak yang disebut oknum MUI Solo mengarah kepada nama Joko Ekram. Joko adalah anggota MUI Solo Bidang Ukhuwah Islamiyah yang disebut-sebut sebagai pihak Event Organizer. Rektor UMS Prof Bambang Setiaji mengakui bahwa Joko adalah pihak EO yang berkepentingan atas acara ini.

“Silahkan hubungi Joko Ekram dan Pusham UII selaku EO acara ini,” kata Bambang seperti dilansir dari Islampos.

Saat dihubungi secara terpisah anggota MUI Solo Joko Ekram yang terlibat dalam acara ini mengelak jika dikatakan sebagai panitia.

“Saya bukan panitia. Saya cuma bertugas menghubungi narasumber saja,” katanya.

Meski memiliki posisi di MUI Solo, namun Joko mengaku kapasitasnya dalam acara kontroversial tersebut adalah pengurus Muhammadiyah. “Saya dari Muhammadiyah. Saya juga aktif di PKU Muhammadiyah,” ujarnya. [benji/islampos/annajah]