Amerika Ungkap Campur Tangan Iran Di Yaman

Menteri Luar Negeri AS John Kerry
Menteri Luar Negeri AS John Kerry

Washington (an-najah.net) – Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengungkapkan bahwa Washington menyadari akan adanya dukungan Iran yang terus-menerus ke Yaman. Dia berjanji bahwa negaranya tidak akan berpangku tangan meihat adanya usaha untuk mengacaukan keamanan di kawasan kawasan.

Dalam sebuah wawancara televisi dia mengatakan: “Kami sangat khawatir tentang apa yang terjadi di Yaman, jelas bahwa ada pasokan yang berasal dari Iran, dan ada sejumlah penerbangan setiap minggunya, dan kita akan selalu mengawasi perjalanan mereka. Kami menyadari dukungan Iran yang diberikan kepada Yaman..”

Dia menambahkan: “Anda harus tahu bahwa Amerika Serikat tidak akan berpangku tangan ketika Iran berusaha menggoyang stabilitas di kawasan atau memecah perangan di perbatasan negara.”

Oleh karena itu, John Kerry menambahkan bahwa Amerika Serikat, bersama dengan sekutu dan teman-temannya di kawasan, menekankan tidak akan mengizinkan Iran mengancam kepentingan mereka.

Dia mengatakan: “Kita tidak bisa membiarkan intervensi pelanggaran hukum internasional, atau orang-orang yang merusak stabilitas di wilayah tersebut atau mengancam kepentingan teman-teman kita. Kami tidak ingin konfrontasi, tapi kami tidak akan meninggalkan teman-teman kami dan kami akan berdiri dengan orang-orang yang merasa terancam karena pilihan yang diambil oleh Iran..”

Peperangan yang terjadi di Yaman ini sangat menarik untuk dikaji. Pasalnya Gerakan syiah global ikut bermain. Amerika juga ikut bermain pula dalam perang perang di Yaman. (ahsan/annajah)