AmerikaTempatkan 2 Pemimpin Asy-Syabaab Dalam Daftar Teroris

al-shabaab-somalia
Mujahiddin Asy-Syabaab, Somalia.

Washington (an-najah.net) – Departemen Luar Negeri AS baru-baru ini memasukkan dua tokoh pejuang Harakah Islam asy-Syabaab Somolia ke dalam daftar teroris. Mereka adalah Ahmed Diriye dan Mahad Karate, selasa (21/4).

Ahmed Diriye merupakan pemimpin pejuangan Harakah Islam asy-Syabab. Ia diangkat menjadi pemimpin setelah meninggalnya Ahmad Abdi Godane September 2014.

Sebelum menggantikan Godane, Diriye menjabat beberapa posisi dalam Harakah Islam asy-Syabaab, di antaranya sebagai asisten pribadi Godane, wakil gubernur Lower wilayah Juba pada tahun 2008, dan Gubernur al-Shabaab daerah Bay dan Bakool pada tahun 2009.

Pada tahun 2013, ia menjadi penasihat senior Godane, dan bertugas sebagai kepala Departemen Dalam Negeri asy-Syabab. Dimana ia mengawasi aktivitas domestik perjuangan. Dia bertugas menyampaikan visi Godane kapada masyarakat dalam rangka jihad global dan bergabung dengan al-Qaeda.

Sementara Mahad Karate, atau yang dikenal sebagai Abdurahim Mohammad Warsam adalah pemimpin Amniyat, sayap organisasi asy-Syabab.

Amniyat adalah sayap intelijen asy-Syabab, yang memainkan peran penting dalam pelaksanaan serangan bunuh diri dan pembunuhan di Somalia, Kenya, dan negara-negara lain di kawasan, dan menyediakan logistik dan dukungan untuk kegiatan perjuangan al-Shabaab

Asy-Syabab telah ditetapkan sebagai Organisasi Teroris Asing dan Teroris global oleh Departemen Luar Negeri AS pada tanggal 18 Maret 2008.

(Ahsan/an-najah)

mujahid 111111
Mahad Karate, Pemimpimpin Sayap Intelijen asy-Syabaab

 

ghodan
Ahmad Abdi Godane
ahmad diari
Ahmed Diriye, Pemimpin Pejuangan Harakah Islam asy-Syabab