April Mop Hari Pembantaian Umat Islam Di Spanyol

April Mop

An-Najah.net – The April’s Fool Day April Mop  (1 April) bagi umat kristiani,  merupakan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib lewat cara-cara penipuan.

April Mop adalah tradisi kufur yang diperingati tiap tanggal 1 April. Pada hari itu semua orang di perbolehkan untuk bebas berbohong, usil, ngerjain teman, kawan, bahkan orang tua dalam rangka mencari kepuasan dan kesenangan hawa nafsu belaka. Biasanya, orang-orang yang ingin memperingati April Mop sudah merencanakan kebohongan dan keusilan itu jauh-jauh hari sebelumnya. Dan orang yang di usili, di kerjai serta di bohongi itu tidak boleh marah dengan alasan April Mop.

Tradisi ini dimulai sekitar abad ke 14 M, yang mana sebelumnya Islam Spanyol jaya dengan syari’at Islamnya. Mereka melemahkan keimanan orang muslim dengan jalan pemikiran dan budaya. Dengan perlahan mereka membagikan rokok dan alkohol secara gratis. Musik diperdengarkan untuk membujuk kaum mudanya agar lebih suka bernyanyi dan menari daripada membaca Al Qur’an, dan berbagai syari’at Islam yang mereka ganti dengan budaya.

Akhirnya Islam Spanyol jatuh di bawah kekuasaan pasukan salib. Mereka membantai kaum muslimin baik warga sipil, wanita, anak kecil, orang tua dengan kejam dan sadis tanpa mengenal peri kemanusiaan.

Di akhir pembantaian, tentara salib itu meneriakkan pengumuman, bahwa para Muslim Granada (daerah Islam Spanyol yang tersisa) bisa keluar dari rumah dengan aman dan diperbolehkan berlayar keluar Spanyol dengan membawa barang-barang keperluan mereka.

Sebagian kaum Muslimin ada yang mempercayai tawaran tersebut karena melihat kapal-kapal penumbang yang telah disiapkan di pelabuhan. Namun ada sebagian kaum muslimin yang tetap bersembunyi di dalam rumahnya.

Keesokan harinya ribuan penduduk muslim Granada keluar dari rumah-rumah mereka dengan membawa seluruh barang-barang keperluan, beriringan berjalan menuju ke pelabuhan. Adapun kaum muslimin yang tidak mempercayai tawaran tentara salib, mereka di bakar hidup-hidup beserta rumah mereka.

Sedang ribuan umat Islam yang tertahan di pelabuhan, hanya bisa terpana ketika tentara salib juga membakari kapal-kapal yang dikatakan akan mengangkut mereka keluar dari Spanyol. Kapal-kapal itu dengan cepat tenggelam. Ribuan umat Islam tidak berdaya sama sekali karena kebanyakan terdiri dari anak-anak, wanita, dan orang tua dan mereka pun tidak bersenjata. Sedang para tentara salib telah mengepung mereka dengan pedang terhunus.

Dengan satu teriakan dari pemimpinnya, ribuan tentara salib membantai umat Islam Spanyol dengan kejam dan sadis tanpa rasa belas kasihan. Laut yang sebelumnya biru telah berubah menjadi merah kehitam-hitaman.

Tragedi ini bertepatan dengan tanggal 1 April (The April’s Fool Day). Bagi umat kristiani, April Mop merupakan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib lewat cara-cara penipuan.

Kufur Perayaan April Mop

Perayaan di haramkan dalam Islam. Dari segi filosofinya, April Mop adalah budaya kufur yang dimana kaum muslimin haram mengikuti budaya tersebut.

Rasulullah SAW,  bersabda:

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ

Siapa saja yang menyerupai suatu kaum, maka ia tergolong bagian dari kaum tersebut” (HR. Ahmad, Abu Daud)

Tidak hanya itu, perayaanya pun di isi dengan kebohongan, kedustaan, iseng, jail dan sebagainya yang diharamkan oleh agama Islam.  Sebagaimana Firman Allah Ta’ala:

Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan hanyalah mereka yang tidak mengimani (mempercayai) tanda-tanda kekuasaan Alloh, mereka adalah kaum pendusta”. (Qs. An-Nahl :105)

Celaka Bagi Pendusta

Berbohong untuk membuat orang tertawa, bercanda dengan lelucon seperti perayaan April Mop adalah haram hukumnya sebagaimana sabda nabi SAW :

وَيْلٌ لِلَّذِي يُحَدِّثُ فَيَكْذِبُ لِيُضْحِكَ بِهِ الْقَوْمَ وَيْلٌ لَهُ وَيْلٌ لَهُ

Celakalah bagi orang yang berbicara lalu berdusta untuk membuat orang lain tertawa. Celakalah dia, celakalah dia.” (HR. Abu Daud no. 4990, dihasanka al-Bani)

Kerugian Festival Dusta

Banyak sekali kasus yang mengfaktakan bahwa, perayaan April Mop menimbulkan kerugian-kerugian, di antaranya: gara-gara April Mop seorang suami menceraikan istrinya, pesawat di Nepal gagal lepas landas gara-gara April Mop dan banyak kerugian-kerugian akibat perayaan April Mop.

Taubat Sebelum Terlambat

Karena itulah merayakan Natal, Tahun baru, dan Valentine Day hukumnya haram  bagi seorang muslim. Begitu juga dengan April Mop, tidak ada perbedaan di antaranya karena semuanya merupakan budaya kaum kafir. Tak pantas bagi kita pemeluk agama Islam merayakan festival orang kafir, yang dijanjikan kepada mereka api neraka-Nya.

Cukuplah bagi kita merayakan perayaan yang telah di contohkan oleh para salaf ash-Shaleh. Karena Allah Ta’ala berfirman:

Untukmu agamamu, dan untukkulah agamaku” (QS. Al-Kafirun: 6)

Penulis : Ibnu Jihad

Editor : Anwar