Arab Saudi Gempur Milisi Syi’ah Hautsi Di Khormakser, Yaman

Pasukan arab saudi gempur syiah di Yaman
Pasukan arab saudi gempur syiah di Yaman

Aden (An-najah.net) – Kondisi perang di Yaman kian memanas, terutama yang terjadi di kota Aden, ibu kota negara Yaman. Hal ini sebagaimana dikutip dari sumber berita al-Arabiah. Memasuki hari ke tiga belas operasi ‘Ashifaul Hazm pesawat perang Arab Saudi melakukan pemboman terhadap pangkalan udara Anad Air Base dekat pelabuhan Hodeidah yang telah di kuasai oleh milisi Syi’ah Hautsi, propinsi Lahej, Yaman Selasa (7/4).

Sementara itu menurut Komite Rakyat menjelaskan pasukan arab Saudi terus menghancurkan basis-basis pertahanan milisi Syi’ah di Khormakser. Sumber itu menegaskan bahwa bala bantuan militer tiba di daerah Ma’alla, Aden. Sebuah kota yang berada di sebelah selatan kota Khormasker. Komite Rakyat adalah kelompok bersenjata yang didirikan oleh warga dan suku-suku Yaman dengan tujuan untuk membantu tentara Yaman dalam berbagai konfrontasi dan peperangan.

Anad Air Base adalah pangkalan militer udara strategis dan yang terbesar milik negaraYaman serta merupakan salah satu basis paling bersejarah, yang terletak di provinsi selatan Lahej, hanya enam puluh kilometer sebelah utara kota Aden. Pangkalan udara ini dulu merupakan pusat kontrol udara yang dikembangkan oleh Unisoviet selama Perang Dingin. Namun Setelah 11 September 2001, pangkalan tersebut berubah menjadi pusat utama bagi pasukan Amerika untuk mengumpulkan operasi intelijen dan kontra-terorisme di selatan negara itu.

Washington juga telah menggunakan pangkalan ini untuk memulai mengoperasikan Drone untuk mengadakan serangan terhadap al-Qaeda di Semenanjung Arab, dan pangkalan imi merupakan markas bagi ratusan tentara, termasuk di dalamnya adalah anggota pasukan khusus.

Pada bulan September 2014 syi’ah Houtsi telah menguasai Sana’a dan Yaman bagian utara secara keseluruhan. Mereka berhasil menguasai pangkalan militer tersebut pada 25 Maret 2015.(Ahsan/annajah)