Arab Saudi Serang Syiah Hausti, Selamatkan Pemerintah Yaman

Pasukan arab saudi
Pasukan arab saudi

Sanaa (An-najah.net) – Arab Saudi mengumumkan, Kamis dini hari (26/03), memulai operasi militer untuk menyerang pemberontak Syiah Hautsi yang telah mengontrol Yaman. Operasi ini diluncurkan dengan pembicaraan dengan Amerika Serikat.

“Duta Besar Arab Saudi di Amerika Serikat, Adel Al-Jubair, mengumumkan memulai operasi militer melawan Syiah Hautsi,” lapor Al-Jazeera, Kamis.

Jubair menambahkan, seperti dilansir Al-Jazeera, operasi itu mencakup serangan udara yang diikuti sepuluh negara, termasuk lima negara teluk kecuali Oman.

Ia menjelaskan bahwa negaranya telah berkonsultasi dengan AS mengenai dimulainya operasi militer ini. Akan tetapi, ia tidak menjelaskan negara-negara yang ikut dalam operasi tersebut.

“Operasi militer ini bertujuan menyelamatkan Yaman dan pemerintahannya yang sah,” kata Jubair.

Pengumuman ini bersamaan dengan pengumuman serangan udara terhadap lokasi-lokasi Syiah Hautsi di Sanaa dan bandara oleh jet tempur Saudi.

Serangan udara itu sendiri dilancarkan setelah anggota negara Teluk, kecuali Oman, menyatakan menyambut permintaan Abduh Rabbah Manshur untuk membantu melawan Hautsi.(Anwar/kiblat/annajah)