AS Bangun Pangkalan Militer Dekat Iran

cda2b987-bac5-29cb-fc1c-bc9dec252ed2FARAH (an-najah) – Pasukan AS di Afghanistan sedang membangun sebuah pangkalan militer dekat perbatasan dengan Iran.

Seperti dilansir dari Wartanews, fondasi sedang dibangun di daerah yang dikenal sebagai Chahlang di provinsi Farah. Situs konstruksi tersebut berjarak tiga kilometer dari perbatasan Iran.

Koresponden mengatakan pasukan AS telah membangun sebuah menara komunikasi dan menggali beberapa saluran di dalam tanah di lokasi pangkalan.

Berita ini muncul ketika Afghanistan mengatakan AS telah menginformasikan Kabul bahwa ia ingin membangun sembilan pangkalan militer permanen di negara yang dilanda perang itu.

Seorang juru bicara Presiden Afghanistan Hamid Karzai membantah klaim AS bahwa Washington tidak menuntut penciptaan basis.

Para pejabat Afghanistan mengatakan Washington bahkan telah mengambil beberapa kota untuk basis.

Mantan Komandan Jenderal Afghanistan John Allen baru-baru ini mengungkapkan bahwa ia merekomendasikan 13.600 pasukan tetap AS berada di Afghanistan melampaui tahun 2014, jauh melebihi dari 8.000 – 12,000 yang dibayangkan oleh para pejabat Pentagon lainnya pada saat itu.

Pengganti Allen, Jenderal Joseph Dunford, masih belum menyerahkan rekomendasi sendiri untuk jumlah tentara pada saat itu dan menegaskan dia tidak akan melakukannya sampai setelah pertempuran musim panas 2013.

Pada bulan Maret, Karzai menuduh Taliban dan AS bekerja sama untuk meyakinkan rakyat Afghanistan bahwa kekerasan akan memburuk jika pasukan asing meninggalkan Afghanistan seperti yang direncanakan pada akhir tahun depan.

Perang Afghanistan telah menjadi perang terpanjang dalam sejarah AS dengan tanpa akhir yang terlihat. [benji/an-najah]