Beginilah Tadarus dan Tilawah Rasulullah Di Bulan Ramadhan

Tadarus
Tadarus

An-Najah.net – Diantara ibadah yang menjadi rutinitas utama Rasulullah SAW pada bulan Ramadhan adalah tilawahalQur’an serta mengkajinya.Dalam beberapa riwayat disebutkan, pada setiap malam di bulan Ramadhan, JibrilAS datang ke Rasulullah SAW untuk mengkaji alQur’an bersama beliau SAW.

Ibnu Abbas RA berkata, “Jibril AS menemui nabi Muhammad SAW setiap malam di bulan Ramadhan. Nabi Muhammad SAW akan membacakan alQur’an di hadapan Jibril AS.” (HR. Bukhari)

Dalam riwayat imam Bukhari di lain tempat disebutkan  RasulullahSAW mengkaji alQur’an bersama Jibril AS. Sesekali Jibril yang membaca alQur’an, di lain waktu nabi Muhammad SAW yang membacanya.

Ibnu Hajar RHM berkata, “Maksud tilawahalQur’an adalah, menghadirkan  hati untuk mentadabburinya serta memahaminya.” (alFath, 9/13)

Ibnu Bathol RHM berkata, “Pembelajaran alQur’an yang dilakukan oleh nabi Muhammad SAWbersamJibrildimaskudkan untuk menambah kecintaan terhadap akherat dan kezuhudan terhadap dunia.” (SyarhalBukhari, IbnBathol, 1/13)

Jadi orientasi semua aktifis ibadah Rasulullah SAW adalah mendulang ridho Allah SWTdan untuk menambah kecintaannya terhadap akhirat.Bukan sekedar aktifitas yang kosong dari nilai akherat.

Hadits-hadits di atas menunjukkan urgensi berteman dengan orang-orang yang baik.Kwalitas ibadah dan iman seseorang sangat terpengaruh dengan teman dekatnya. Kwalitas iman Rasulullah SAW sangat tinggi, Sebab salah satu teman akrabnya adalah malaikat Jibril AS. Untuk meraih ampunan dan ridho Allah SWT, seyogyanya seseorang memilih teman atau tempat I’tikaf yang baik dan berkwalitas.

Penulis : Akrom Syahid

Sumber : Majalah An-Najah Edisi 104 Rubrik Tema Utama

Editor : Anwar