Berhasil Ambil Alih Distrik di Kota Homs, Pejuang Suriah Dibombardir Pasukan Rezim

bab amrHoms (an-najah.net) – Para aktivis mengatakan tentara Bashar Al Asad membombardir distrik-distrik kota Homs yang dikuasai pejuang dalam upaya mencegah pejuang merebut kembali seluruh wilayah Homs.

Dikatakan, tentara rezim menembakkan roket-roket ke distrik Baba Amr hari Selasa (12/3/2013), dari kampus Universitas Baath. Menurut para aktivis, pasukan Asad juga menyerang distrik Khaldiyeh di Homs.

Pada Ahad lalu (10/3/2013) pejuang Suriah berhasli menduduki distrik Baba Amr setelah terjadi pertempuran sengit dengan pasukan Asad yang menyebabkan ratusan orang meninggal. Para pejuang menyebut kota Homs sebagai ibukota revolusi, hal itu dikarenakan pertama kali lahir perlawanan terhadap kedzoliman Bashar Al Asad muncul dari Homs.

Kota Homs merupakan basis para pejuang hingga akhirnya, setahun yang lalu, pasukan Asad membombardir kota tersebut selama satu bulan yang memaksa pejuang Suriah harus meninggalkan Homs. Seiring semakin melemahnya rezim Asad, para pejuang Suriah berusaha mengambil alih kembali kota tersebut, namun perlawanan pasukan Asad masih sengit.

Sementara itu, badan Observatorium untuk Hak Asasi Suriah yang berbasis di London mengatakan, pejuang Suriah dan pasukan pemerintah juga terlibat dalam pertempuran di sekitar bandara Allepo dan pangkalan-pangkalan militer di dekatnya. [sulhi/voa]