Ukhuwah Islamiyah, Bersatu Menuju Ridho Allah SWT

Jalan Perjuangan
Jalan Perjuangan
Jalan Perjuangan

An-Najah.net – Perjalanan untuk menegakkan Islam sangat panjang. Lintas masa dan generasi. Perlu bahan bakar ilmu dan kekuatan fisik. Berbekal kesabaran, keyakinan serta kejujuran. Iman dan kecerdasan akal sebagai senjata utama. Perjalanan ini sangat berat, penuh rintangan, ujian yang bertubi-tubi bagi jiwa dan raga.

Perjalanan ini tidak seperti tamasya ke pantai yang elok nan indah. Ditemani sanak family dan fasilitas dunia yang menyejukkan mata. Dihiasi canda dan tawa bersama yang dicintainya. Bukan itu..!!!

Namun, perjalanan memperjuangkan Islam lebih sering melelehkan air mata. Tak jarang menghajatkan tubuh bermandikan peluh, bahkan darah segar. Memang, adakalanya suka cita datang menyapa, tapi kadang memudar ketika ujian menimpa. Hanya jiwa-jiwa ikhlas yang bisa menikmati kebahagian di jalan ini.

Inilah jalan juang menuju ridho Allah. Perjalanan mendaki tangga ‘iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in’ ini telah ditakdirkan penuh risiko. Namun, sekali lagi, tantangan dan risiko itu akan terasa nikmat, jika jiwa pendakinya penuh keikhlasan, tertempa kesabaran, terbimbing keyakinan dan keimanan terhadap Ar-Rahman, Dzat yang maha penyayang.

Bukan karena sang Robb menghendaki kesulitan dan kedzaliman bagi hamba-hambaNya. Namun, karena memang dunia ini dicipta sebagai medan ujian, medan laga melawan kebatilan; baik godaan nafsu   maupun godaan setan manusia dan jin.

“Surga dikelilingi oleh perkara-perkara yang tidak disukai jiwa, sementara neraka dikelilingi perkara-perkara yang disukai jiwa.” (HR. Muslim)

Bersama Menuju Ridho Allah SWT

Agar hamba-hamba-Nya lulus ujian, Allah SWT menurunkan syari’at, tuntunan dan panduan untuk dijadikan pegangan. Allah paling tahu apa yang akan menjadi ujian hamba-Nya, Ia juga paling tahu kadar kemampuan menghadapi ujian bagi tiap-tiap hamba-Nya, oleh karena itu, kita dibimbing dengan syari’atNya.

Taat kepada Allah dan rasul-Nya, bersatu dan bersandar di jalan Allah, itulah resep utama menempuh perjalanan dan pendakian menuju ridho Allah SWT. Mentaati Allah, sebagai Robb seluruh alam, dibuktikan dengan tunduk secara totalitas terhadap kitab suci Al-Qur’an, yang berisi petunjuk dan surat kasih sayang Allah kepada makhluk-Nya.

Ketaatan kepada Rasulullah SAW, sebagai nabi dan kekasih orang-orang yang beriman terbukti dengan patuh dan peduli terhadap syari’at-Nya, terutama yang terangkum dalam hadits-hadits beliau SAW.

Bersatu dan tidak berpecah belah, inilah salah satu ajaran yang ditekankan Allah SWT. Umat ini, tidak bisa melakukan perjalanan ini dengan istiqomah, kokoh dan lancar tanpa ada saudara yang memperkuatnya.

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai.” (Qs. Ali Imron: 103)

Sumber : Majalah An-Najah Edisi 110 Rubrik Tema Utama

Penulis : Akram Syahid

Editor : Anwar