Cina Larang Mahasiswi Muslimah Kenakan Hijab

c5d5254db95e78734e27d75431c2a06f

Beijing (an-najah.net) – Sebuah universitas di pusat kota Cina, Xian telah memberlakukan Peraturan baru berupa larangan jilbab bagi mahasiswi Muslimah. mereka menginstruksikan musliah untuk menanggalkan pakaian keagamaan di dalam kampus, Ahad (17/5).

Shaanxi Normal University di Xian, yang berada di kota dengan populasi Islam terbesar itu pada bulan April lalu memerintahkan kepada sembilan mahasiswi Muslimah melepas jilbab mereka, kemudian awal bulan ini telah mengeluarkan peraturan larangan jilbab di universitas.

“Kami menerima kebiasaan mereka. Tapi intinya adalah bahwa kita tidak mengijinkan siswa untuk terlibat dalam kegiatan keagamaan,” Li Chenzi, seorang pejabat universitas, menulis di situs tanya-jawab Cina Zhihu.com

Meskipun Li menolak mengakui bahwa ia melarang mahasiswi melepas jilbab, namun klaim Li dibantah oleh salah satu dari rekannya dalam sebuah wawancara dengan Global Times.

“Larangan jilbab telah menyebar ke semua siswa Muslim dari berbagai kelompok etnis, termasuk orang-orang Uighur, Kazak dan Hui, sebagian pihak mengklaim bahwa larangan tersebut dirilis oleh Kementerian Pendidikan,” kata mahasiswa.

4626415-Shaanxi-Normal-University-Library-1

Gambar Shaanxi Normal University, Xian

Meskipun tidak ada larangan yang jelas mengenai kriteria pakaian agama, namun masalah menjadi berbeda ketika Xi Jinping menjadi Presiden universitas Cina. Ia telah memberlakukan kontrol yang lebih ketat pada hal-hal yang berurusan dengan agama.

Pada April kemarin, seorang siswa juga dituduh “Khotbah Ilegal” setelah ia terlihat membaca Al-Qur’an di kantin universitas yang sama.

Setidaknya Xian dihuni oleh 50.000 minoritas muslim Hui, banyak dari mereka tinggal di jalan-jalan sempit di sekitar Masjid Agung tertua di Cina.

Tahun lalu, beberapa daerah di Xinjiang dan Turpan telah menerapkan larangan cadar dan kopiah.

(Sahlan/an-najah).

5064411525_1db246369c_b

Masjid Agung Xian dibangun pada tahun 742 di tahun pertama pemerintahan Kaisar Tia Bo dari dinasti Tang (618-907). Mesk sudah berusia begitu tua masjid yang lebih mirip sebuah bangunan kelenteng ini masih berfungsi dengan baik hingga kini, dan pada tahun 1998 yang lalu menetapkan bangunan Masjid Agung Xi’an sebagai warisan Sejarah China.

Gambar terkait Masjid Agung Xian:

great-mosque-of-xian-china-27

Xian-Great-Mosque-Prayer-Hall

fc5ab1da51c91b51661bf6457825869caaaaaaaaa