Coba Masuki Qusayr, 10 Tentara Syiah Hizbullah Tewas Mengenaskan

Rezim Suriah andalkan milisi Syiah Hizbullah Lebanon untuk menguasai kembali negeri itu, hingga banyak pasukan Syiah yang mati di Suriah.
Rezim Suriah andalkan milisi Syiah Hizbullah Lebanon untuk menguasai kembali negeri itu, hingga banyak pasukan Syiah yang mati di Suriah.

QUSAYR (an-najah) – Pertempuran berkecamuk di kota Qusayr antara pasukan Syiah Hizbullah dari Lebanon dengan para pejuang Tentara Pembebasan Suriah (FSA), setidaknya 10 anggota Syiah Hizbullah tewas, seperti yang dilaporkan oleh aktivis.

Sumber Al Arabiya mengatakan pada Ahad (19/05) pagi, bahwa pasukan Syiah Hizbullah dilaporkan menuju ke arah Qusayr, yang terletak di provinsi Homs pusat.

Kota ini merupakan medan yang strategis bagi para pejuang Suriah, kata AFP. Pihak oposisi menggunakannya sebagai basis untuk memblokir jalan utama dari Damaskus ke pantai, untuk menghambat gerakan militer dan suplai pasokan.

Pasukan rezim Bashar al-Assad, yang didukung oleh pejuang Syiah Hizbullah, terus memerangi rakyat Suriah  untuk mendapatkan kontrol penuh atas kota tersebut.

Qusayr sangat dekat dengan perbatasan Lebanon-Suriah.

Menurut Al Arabiya, sebuah batalyon pejuang oposisi sebelumnya memasang perangkap di sepanjang tepi sungai Assi di sisi Suriah dari perbatasan Lebanon. 10 tentara Hizbullah tewas mengenaskan dan puluhan lainnya terluka ketika mereka mencoba untuk memasuki wilayah Suriah dan terjebak oleh perangkap dan serangan pejuang Suriah.

Aktivis mengatakan kepada AFP pada hari Sabtu bahwa Qusayr dikepung oleh pasukan pemerintah rezim di tiga sisi, dan sekitar 25.000 warga diyakini masih berada di kota.

Sebuah sumber militer mengatakan kepada AFP pekan lalu bahwa tentara rezim Suriah telah menjatuhkan selebaran kepada masyarakat sipil sebagai peringatan untuk meninggalkan kota Qusayr sebelum serangan diluncurkan pada para pejuang yang memegang kotrol atas kota itu dan diduga tidak akan menyerah. [fajar/an-najah]