Demonstran Mesir Serbu Kedubes Israel, Satu Orang Tewas

Demonstran Mesir menyerbu kedutaan besar Israel di Kairo, menghancurkan tembok barikade di sekitar gedung yang masih dalam proses pembuatan, dan satu demonstran dilaporkan tewas, Press TV melaporkan.

Polisi Mesir menggunakan gas air mata untuk membubarkan kerumunan massa, dan satu orang dilaporkan meninggal karena sesak napas setelah menghirup gas air mata, koresponden Press TV di Kairo melaporkan pada Jumat kemarin (9/9).

Para demonstran melemparkan dokumen-dokumen keluar dari jendela gedung kedutaan dan juga membakar sebuah mobil polisi.

Kerumunan massa berhasil membobol gedung kedutaan meskipun adanya kehadiran pasukan keamanan bersenjata berat Mesir di daerah tersebut.

Tembakan juga terdengar di dekat kedutaan.

Seorang pengunjuk rasa merobek bendera Israel di kedutaan, dengan sorak-sorai ribuan demonstran di tempat kejadian.

Bulan lalu, pengunjuk rasa Mesir menjadi pahlawan nasional setelah ia memanjat dinding kedutaan besar Israel, menurunkan bendera Israel, dan mengibarkan bendera Mesir di tempatnya selama demonstrasi yang diadakan untuk mengutuk Israel karena membunuh sejumlah polisi Mesir di perbatasan.

Pada hari Jumat kemarin, para demonstran Mesir juga menyerukan pengusiran duta besar Israel dan meneriakkan slogan-slogan anti-Israel.

Sementara itu, puluhan ribu warga Mesir sekali lagi berkumpul di Alun-Alun Pembebasan di Kairo untuk menuntut pemerintah militer memberikan kekuasaan kepada pemerintahan sipil. Para pengunjuk rasa berkumpul di alun-alun setelah shalat Jumat untuk berpartisipasi dalam demonstrasi tersebut.[eramuslim]