Disiksa, 4 Tahanan Meningal Dalam Penjara Irak

Image processed by CodeCarvings Piczard ### FREE Community Edition ### on 2014-04-03 06:57:52Z |  |
Image processed by CodeCarvings Piczard ### FREE Community Edition ### on 2014-04-03 06:57:52Z | |

Baghdad (an-najah.net) – Pusat Hak Asasi Manusia Baghdad menegaskan bahwa dalam satu pekan terakhir tercatat empat kematian akibat penyiksaan dalam penjara Baghdad dan di penjara kota Nasiriyah Irak selatan, Kamis (28/5).

Muhannad al-Issawi Ketua Hak Asasi Manusia Baghdad Pusat menunjukkan bahwa pihak yang berwenang penjara dibawah bimbingan Departemen Kesehatan terus menyembunyikan masalah penyiksaan dalam dokumen kematian tahanan, dan menggantinya dengan alasan penyakit kronis dan penyebab lainnya.

Berdasarkan sumber informasi di Kementerian Kehakiman Irak, al-Issawi menyatakan Bahwa empat tahanan meninggal karena penyiksaan dan pengabaian kesehatan di penjara pusat di gurun Nasiriyah Irak selatan, dan penjara Rusafa yang berada dalam kompleks penjara di Baghdad pusat.

Dalam pekan ini tercatat tiga orang meinggal dalam penjara Nasiriyah karena penyiksaan. Mereka adalah Ahmad Mohammad Abbas al-Jubouri, Ali Ahmad al-Issawi, Tharik Thaha al-Samarrai. Sedangkan di penjara Rusafa menelan satu korban yaitu Abdullah Hussein Khudair.

(Sahlan/an-najah).