Dua Bom Atom Nyaris Meledak di Amerika

Mushroom Cloud

AS – Amerika Serikat nyaris mengalami musibah bom Atom hebat saat dua bom nuklir yang dimilikinya jatuh di negara bagian Nort Carolina. Hal itu terungkap dari dokumen rahasia yang dipublikasikan harian Inggris, The Guardian.

Temuan tersebut diperoleh wartawan investigatif Eric Schlosser saat melakukan riset untuk menulis buku tentang perlombaan pembuatan senjata nuklir di dunia.

“Kita selalu dibilang bahwa tidak mungkin bom Atom akan meledak karena kecelakaan. Padahal ada kejadian yang membuktikan hal itu nyaris terjadi.” Ujarnya sebagaimana dilansir oleh The Guardian.

Insiden tersebut terjadi pada tahun 1961. Kala itu, dua bom hidrogen Mark 96 secara tidak sengaja jatuh dari pesawat pengebom B-52 setelah mengalami kerusakan di udara. Padahal, daya ledak bom tersebut 260 kali lebih besar dari bom yang pernah dijatuhkan AS di Hiroshima dan Nagasaki.

Masing-masing bom berdaya ledak 4 megaton. Jika meledak, ledakan yang ditimbulkannya setara dengan 4 juta ton TNT. Area ledakan pun dapat mencapai Washington, Baltimore, Phildelphia, bahkan New York. Jutaan orang bisa dipastikan akan menjadi korban.

Kejadian itu terjadi 3 hari setelah presiden Jonh F Kennedy dilantik. Parker Jones, insinyur senior yang menulis insiden ini mengatakan bencana hebat di Amerika bisa dicegah berkat tombol atau sakelar sederhana bervoltase rendah yang membuat bom atom bisa dimatikan.

Insiden tersebut merupakan salah satu cerita dari buku yang ditulis Eric Schlosser. Setelah melakukan penelitian panjang, wartawan tersebut mengungkap ada 700 kecelakaan dan insiden yang melibatkan lebih dari 1.250 bom nuklir. Angka tersebut hanya dalam rentang waktu tahun 1950 hingga 1968. Ia mengungkapkan, tak mudah menyusuri persenjataan nuklir AS, sebab pemerintah negeri paman Sam tersebut menutup erat informasi tentang hal itu. [an-najah/faris]