Pemimpin Islam Vs Diktator Jahiliyah

Edisi 163: Pemimpin Islam Vs Diktator Jahiliyah
Edisi 163: Pemimpin Islam Vs Diktator Jahiliyah

Alhamdulillah. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah. Atas limpahan hidayah dan maunah-Nya kepada kita semua. Shalat beriring salam kepada Nabiyullah Muhammad SAW. Kepada ahlu baitnya, para sahabat, tabiin, tabiut tabiin dan siapa saja pengikut jalannya. Amma ba’du:

Apa jadinya jika satu keluarga tanpa nahkoda? Atau satu kafilah yang berkendara tanpa panduan amir safar?

Mereka pasti membiarkan perjalanan mengalir begitu saja. Tanpa tujuan yang jelas. Kadang diwarnai kegaduhan dan situasi yang liar. Apalagi jika masing-masing penumpang ngotot memaksakan kehendak dan tujuan.

Inilah yang terjadi dengan satu rombongan besar bernama umat Islam. Sudah hampir satu abad lamanya, umat Islam hidup tanpa merasakan bimbingan seorang pemimpin absolut.

Semua orang sepakat betapa urgennya hajat terhadap kepemimpinan. Baik jika ditinjau dari dalil syar’i,  dalil kauni. Maupun realitas yang kita hadapi sekarang ini. Tak usah jauh-jauh menerawang. Cukuplah kasus yang dialami para ulama di negeri ini menjadi pelajaran. Ketika umat Islam membutuhkan calon pemimpin alternatif untuk mengimbangi pemimpin kafir. Ternyata sangat sedikit kader yang layak  diberi amanat tersebut.

Inilah mengapa An-Najah pada edisi bulan Juli ini mengangkat tema tentang al-qiyadah ar-rasyidah. Atau kepemimpinan ala Islam yang terpandu dengan wahyu. Kepemipinan dalam Islam adalah satu hal mulia. Tidak seperti model leadership yang menjunjung tinggi slogan, ‘tidak ada kawan atau lawan abadi, tetapi kepentingan.’

Tema kepemimpinan berkelindan erat dengan tema tamkin. Setelah membahas tentang hakikat tamkin atau kemenangan. Kemudian membahas tentang karakter generasi pembawa tamkin. Maka tema yang paling tepat setelahnya ialah kepemimpinan untuk generasi tamkin.

Semoga Allah SWT meridhai upaya kita. Sekaligus memberi kita kekuatan untuk terus memberikan yang terbaik untuk Islam dan umat Islam.

Selamat membaca semoga bermanfaat.