Sumber Petaka Akhir Zaman

edisi 166
Sumber Petaka Akhir zaman

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Ta’ala Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Rasulullah Saw, keluarganya, para sahabat dan orang-orang yang istiqamah serta komitmen terhadap ajarannya hingga hari kiamat.

Pembaca An-Najah yang Berbahagia

Anda mungkin pernah mendengar teori yang disebut “Dunning Kruger Effect”. yaitu fenomena dimana seseorang merasa superior. Merasa lebih tinggi dari kadar kemampuan yang sebenarnya. Padahal sebenarnya ia tidak komponen di bidang tersebut.

Baca juga: Pemimpin Islam Vs Diktator Jahiliyah

Contoh nyatanya sangat mudahditemukan di era media sosial seperti sekarang. Perhatikan saja saat sebuah isu menjadi viral. Seketika akan muncul para ahli dan komentator dadakan. mereka berkomentar seakan paling ahli. Bahkan kadang naik darah ketika ada yang mengkritik atau menyerang.

Fenomena ini ternyata merambah hingga ke ranah syariah. Dimana hanya para ulama rabbani yang seharusnya berbicara atas nama agama. Itu pun dengan penuh kehati-hatian. Pada kenyataannya, kita melihat banyak orang yang minim ilmu agama namun bangga menafsirkan Al-Quran dan syariat sesuai kehendaknya.

Baca juga: Menyelamatkan Generasi Bangsa dari Kehancuran

Cukuplah kasus Disertasi yang ‘melegalkan’ zina kemarin sebagai contoh. Dan itu hanyalahpuncak dari gunung es dari fenomena munculnya para ‘ashagir’. Atau orang yang tidak ahli agama namun berbicara atas nama agama.

Kenyataan ini mengingatkan kita terhadap ungkapan Umar bin Khattab. Bahwa agama ini akan rusak jika tiga golongan ini sudah muncul. Yaitu para alim yang sering blunder, orang-orang munafik berbicara mengatasnamakan Al-Quran dan para pemimpin yang menyesatkan.

Inilah mengapa An-Najah mengangkat tema ini. Yang pada intinya mengajak para pembaca untuk ikur bergerak. Sama-sama beramar makruf nahi mungkar. Terhadap upaya-upaya yang berusaha merusak agama ini. Langkahnya diawali dengan membekali diri dengan ilmu syari, Kemudian membentengi keluarga dan lingkungan sekitar agar tidak terpengaruh. Semoga Allah Ta’ala memudahkan langkah kita ini. Aamiin ya rabbal alamin.