Ekspansi Misionaris Paus via Sosial Media

Penemu radio, Giglielmo Marconi, turun tangan sendiri ketika  mengerjakan pemasangan instalasi siaran pusat agama Katolik dunia, Vatikan, pada 1931. Vatikan memang termasuk organisasi yang paling semangat memanfaatkan tekhnologi komunikasi terbaru buat penyebaran agama.

Namun lain dulu, lain pula sekarang. Akun @news_va_en yang dibuat untuk menyiarkan kabar terbaru soal Paus dan Vatikan meski mati suri selama setahun sebelum akhirnya diluncurkan oleh Paus Benedictus XVI.

Peluncuran itu sendiri dibuka dengan tweet bersejarah pada 28 Juni 2011. Sambil menekan layar iPad, Paus, 84 tahun, mengirimkan tweet soal peluncuran akun Twitter itu. “Teriring salam dan berkat, Benediktus XVI,” kata Paus menutup tweet-nya.

Akun Twitter yang dirilis Paus itu dengan cepat mengumpulkan 33 ribu follower dan kini sudah punya sekitar 114 ribu pengikut. Namun, seperti banyak akun media sosial yang dikelola Vatikan, angka follower mentok di kisaran seratus ribu.

Vatikan tampaknya masih lebih sukses menggarap Youtube. Akun resmi Vatikan di situs berbagi video itu 36.064 pelanggan dan koleksi videonya sudah ditonton sekitar 7,5 juta kali.

Kedua upaya itu rupanya dinilai belum cukup untuk mengoptimalkan media sosial yang dianggap ampuh menjangkau generasi muda. Akhirnya orang di sekitar Paus berhasil meyakinkannya untuk turun tangan sendiri membuat akun Twitter.

Selasa (04/12) lalu, Vatikan mengumumkan Paus Benediktus XVI telah membuat akun Twitter. Tak tanggung-tanggung, Paus bikin delapan akun sekaligus agar bisa menulis tweet dalam delapan bahasa yang berbeda.

Paus Benediktus memang punya peluang meraih follower lebih banyak daripada pemimpin agama lain, bahkan selebritas dunia. Pasalnya ia adalah pemimpin tunggal dari sekitar 1,2 miliar pemeluk Katolik dunia.

Sejauh ini follower akun itu masih tertinggal dari akun Presiden Amerika Barack Obama, yang punya 24 juta follower dan milik Lady Gaga, yang diikuti 31 juta akun. Namun, setiap hari akun @pontifex yang baru dikuntit sekitar 500 ribu orang ini rata-rata setiap jamnya mendapat pengikut 14 ribu pengguna Twitter.

Follower terus mengalir padahal akun @pontifex sendiri belum aktif. Rencananya, tweet dari delapan akun Paus baru itu akan muncul pada Rabu  (12/12/12) depan. Konon, semua tweet adalah kata-kata Paus sendiri.

Apa yang akan ditulis pertama kali oleh Paus? Menurut keterangan resmi Vatikan, tweet pertama lewat akun resmi sendiri adalah jawaban dari pertanyaan pengguna Twitter yang diajukan dengan memakai hashtag #AskPontifex.

Begitu soal pengajuan pertanyaan itu diumumkan, pertanyaan memakai hashtag tersebut membanjir. Sebagian besar mempertanyakan kebijakan kontroversial Paus yang tak mendukung penggunaan kondom, juga skandal pelecehan seksual yang dilakukan oleh anak buahnya.

“Melihat-lihat hashtag #AskPontifex, saya mendadak jadi merasa kasihan kepada tim media sosial Vatikan,” kata jurnalis Australia, Asher Wolf, lewat akun twitter-nya. Bisakah tim tersebut menghadapi gelombang tweet sinis dari pengguna Twitter? Semua baru akan terjawab pada Rabu depan. 

 

Akun Twitter Paus

Paus Benediktus XVI membuat akun bernama @Pontifex, yang berarti Paus atau bisa juga diartikan “jembatan”. Vatikan memang berharap akun ini jadi jembatan dengan kawula muda. Berikut ini statistik akun yang hari ini (08/12) berumur empat hari itu.

Benedict XVI
@Pontifex
Tweet dalam bahasa Inggris
546.897 follower

BenediktXVI
@Pontifex_de
Tweet dalam bahasa Jerman
15.080 follower

Benedicto XVI
@Pontifex_es
Tweet dalam bahasa Spanyol
124.170 follower

Bento XVI
@Pontifex_pt
tweet dalam bahasa Portugal
20.637 follower

Benedykt XVI
@Pontifex_pl
Tweet dalam bahasa Polandia
7223 follower

Benedetto XVI
@Pontifex_it
Tweet dalam bahasa Italia
70.198 Follower

Benoit XVI
@Pontifex_fr
Tweet dalam bahasa Prancis
12.917 Follower

@Pontifex_ar
Tweet dalam bahasa Arab
5472 Follower

 

Akun Media Sosial Vatikan

Youtube The Vatikan
Akun: www.youtube.com/user/vatican
Isi: Aktivitas Paus Benediktus XVI dan acara penting di Vatican

Situs The Vatican Today
Alamat: http://www.news.va
isi: Berita terkini soal Paus, Vatikan dan isu umat Katholik

Twitter vatican News
Akun: @news_va_en
Statistik:
– 3285 tweet
– 0 following
– 114.205 follower

 

[Okta Wiguna-detik]