FKAM Gelar Aksi Solidaritas Untuk Gaza dan Suriah

 

SOLO (an-najah.net) – Agresi Israel ke Jalur Gaza menimbulkan keprihatinan tersendiri bagi ummat Islam. Sejumlah aksi dan demonstrasi serempak digelar di berbagai kota-kota besar seperti Jakarta, Kerawang, Makasar pada Jum’at (23/11).

Di Solo, selepas sholat Jum’at ribuan massa dari Forum Komunikasi Aktivis Masjid (FKAM) menggelar long march dari Sriwedari menuju Gladak. Mereka menyuarakan kemerdekaan atas penindasan ummat Muslim di Palestina dan Suriah serta beberapa negara lainnya.

Selain orasi, ada beberapa aksi yang dilakukan seperti; lomba lempar sandal ke foto Presiden Amerika Barack Obama, Presiden Suriah Bashar Assad, dan PM Israel Benjamin Netanyahu, serta aksi tampar boneka ketiga tokoh tadi. Aksi ditutup dengan pembacaan pernyataan sikap dari FKAM terhadap penindasan yang terjadi.

“Aksi tetap kami langsungkan, meski agresi telah dihentikan. Tapi saya mencium ketidakberesan. Dan saudara kami di Suriah juga masih ditindas oleh rejim Bashar Assad. Maka, aksi ini tetap dilaksanakan,” ujar Hendra korlap aksi tersebut dalam pernyataan yang dirilis resmi oleh FKAM Solo.

Dalam pernyataan sikap disampaikan bahwa, FKAM mengutuk pembantaian yang dilakukan oleh Zionis Israel dengan dukungan Amerika Serikat terhadap rakyat Palestina dan pembantaian yang dilakukan rejim Bassar Ashad yang telah menelan lebih dari 39.000 korban jiwa.

Mereka juga mendesak Pemerintah Indonesia untuk berperan aktif sebagai bentuk komitmen dari Preambule UUD 1945 dengan mengirimkan pasukan perdamaian ke Palestina dan Suriah serta menginisiasi dan mengajak Negara-negara Islam untuk mewujudkan referendum bagi kemerdekaan Palestina dan Suriah.

Selanjutnya mereka mendesak Pemerintah Mesir untuk membuka perbatasan Rafah sebagai pintu masuk bantuan kemanusiaan dan para mujahidin untuk membantu mempertahankan Gaza. Serta mengutuk aksi biadab yang dilakukan oleh oknum Polri di depan kedubes Amerika Serika terhadap para Mahasiswa. Tuntutannya, agar para pelaku diadili dan diadakan reorientasi terhadap Polriyang beraksi layaknya agen CIA di Indonesia.

Terakhir, mereka menyerukan kepada seluruh ummat Islam untuk membaca doa qunut nazilah agar derita rakyat Palestina dan Suriah segera berakhir. [fajar]

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.