Gerhana Bulan Total, Umat Islam Disunnahkan Shalat Khusuf

Gerhana bulan
Gerhana bulan

An-najah, Jakarta – Berdasarkan informasi dari Lapan, Akan terjadi gerhana bulan. Untuk Indonesia barat gerhana terjadi pada pukul 17.16 WIB-20.45 WIB, untuk Indonesia tengah gerhana akan terjadi pukul 18.16 Wita-21.45 Wita dan untuk gerhana bulan total di Indonesia timur akan terjadi pada 19.16 WIT-22.45 WIT.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional menyebut akan terjadi gerhana bulan total (GBT) pada Sabtu (4/4) besok. Kementerian Agama mengimbau kepada umat Islam agar menunaikan salat sunah gerhana.

“Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam mengimbau kepada umat Islam untuk melakukan salat sunah gerhana secara berjamaah, sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW dan dianjurkan (sunnah makkadah) untuk bertakbir terlebih dahulu,” tulis Dirjen Bimas Islam Kemenag, Machasin, melalui keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (3/4/2015).

Tak hanya salat, masyarakat juga dianjurkan untuk memperbanyak zikir, istighfar, bersedekah dan berdoa. “(Selain itu) dianjurkan melakukan amal-amal kebijakan lainnya,” tutup Machasin.

Sekadar informasi, GBT dapat disaksikan di hampir seluruh kawasan Indonesia. Diperkirakan fenomena astronomis itu berlangsung mulai dari pukul 17.15 WIB. Namun, puncak dari GBT itu sendiri pada pukul 19.01 sampai dengan 20.44 WIB.

Saat gerhana terjadi warna bulan akan berubah menjadi semerah darah. Fenomena ini biasanya disebut sebagai blood moon. Sebelumnya, fenomena blood moon pernah terjadi di Indonesia pada Oktober 2014 lalu.(Anwar/annajah/detik)