Hautsi Paksa Radio Lokal Yaman Siarkan Adzan Syi’ah

(c) Copyright Tomaz Jurejevcic. For private use only. Any commercial use only under explicit courtesy of Tomaz Jurejevcic (tomaz.jurejevcic@guest.arnes.si)

Shan’a (an-najah.net) – Audient radio lokal Yaman terkejut mendengar lantunan adzan Ashar yang tidak lazim. Disana terdapat lafadz, “Asyhadu anna ‘Aliyyan hujjatullah” sebuah varian adzan yang hanya dimiliki sekte Syi’ah, Rabu (24/4).

Lewat media online salah seorang Audient mengungkapkan, “Sebuah radio musik lokal menyiarkan adzan ashar, namun ada hal aneh di dalamnya, saya mendengar adanya lantunan “Asyhadu anna ‘Aliyyan hujjatullah” “Aku bersaksi bahwa Ali adalah hujjah Allah .” Sebuah penambahan baru dalam lafadz adzan.

Lafadza Asyhadu anna ‘Aliyyan hujjatullah adalah tambahan lafadz adzan yang dimiliki Syi’ah Zaidi yang merupakan perwakilan dari Syi’ah Hautsi sekarang ini.

Lafadz seperti ini merupakan lafadz yang diimpor dari pasukan ekstrimis Syiah Irak dan Iran. Semenjak Yaman dikuasai oleh Milisi Syi’ah Hautsi terjadi perubahan drastis dalam program acara mereka.

Seperti yang terjadi pada radio yang menyiarkan adzan Versi Syi’ah tersebut. Radio yang mengkhususkan diri untuk musik terpaksa menyiarkan siaran keagamaan versi Syi’ah.

Syi’ah Hautsi menutup semua radio lokal yang tidak menyiarkan propaganda mereka. Mereka memaksa radio pemerintah untuk menyiarkan pidato dan khutbah para Imam Syi’ah.

(Sahlan Ahmad/an-najah)