Hina Islam Politikus Koptik Mesir Disidangkan

Pengusaha dan politikus Koptik Mesir akan menghadapi pengadilan atas postingannya di Twitter yang dianggap menghina Islam. Beberapa waktu lalu pengusaha ini memposting kartun Mickey dan Minnie Mouse yang mengenakan pakaian Muslim di Twitternya.

Pengadilan Misdemeanour Bulaq telah mengumumkan bahwa persidangan terhadap taipan bisnis Naguib Sawiris akan dimulai pada 14 Januari mendatang.

Sawiris dituduh menghina agama setelah ia menerbitkan sebuah kartun kontroversial Mickey Mouse yang mengenakan jenggot dan Minnie Mouse yang mengenakan niqab.

Dia akan diadili di Pengadilan Kairo Utara di Abbassiya.

Kantor Penuntutan Kairo memutuskan untuk merujuk kasus tersebut ke pengadilan pada hari Senin kemarin (9/1) setelah menyelidiki laporan yang diajukan melawan Sawiris oleh pengacara Mamduh Ismail, di mana ia menuduh pengusaha Kristen Koptik dan politikus tersebut tidak menghormati Islam setelah ia memposting kartun di akun Twitter resminya pada bulan Juni 2011 lalu.

Sawiris adalah pendiri Partai liberal Mesir, Partai Bebas Mesir dan muncul setelah revolusi sebagai salah satu tokoh politik terkemuka di Mesir.[eramuslim]