Hukum Menjual Batu Akik Menurut Islam

An-Najah – Apa hukum menjual batu akik menurut Islam? Bagaimana hukum memakai batu akik menurut para ulama? Artikel ini jawabannya.

hukum menjual batu akik

Tanya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ustadz, sekarang lagi musimnya batu akik sebagai perhiasan. Baik untuk cincin, liontin atau yang lainnya karena keindahannya. Zaman sekarang beda dengan zaman dahulu. Kalau dahulu akik identik dengan mistik, sekarang tidak sepenuhnya begitu. Bagaimana hukum memakai dan berbisnis batu akik sebagai perhiasan, bukan untuk kesyirikan? (Abdullah, Purbalingga, 08232477xxxx)

Jawaban Hukum Menjual Batu Akik

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

الْحَمْدُ للهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُولِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهُ

Sebelum menjawab pertanyaan hukum memperjualbelikan batu akik dan batu mulia lainnya, terlebih dahulu kita bahas hukum memakainya. Sebab hukum memperjualbelikannya merupakan cabang dari memakainya.

Hukum Memakai Batu Akik

Para ulama menyatakan, hukum asal memakai batu akik dan batu mulia lainnya adalah mubah; dengan catatan tidak mengandung unsur kemusyrikan—seperti meyakini ada kekuatan gaib tertentu yang terkandung di dalam batu dan tidak mengandung unsur yang diharamkan—seperti cincin atau perhiasan tempat menempelnya batu terbuat dari emas, jika pemakainya laki-laki.

Imam Syafi’i berkata, “Saya tidak memakruhkan laki-laki memakai mutiara kecuali karena terkait dengan etika dan mutiara itu termasuk aksesoris perempuan. Bukan karena haram. Dan saya tidak memakruhkan (laki-laki) memakai yaqut atau zamrud kecuali jika berlebihan dan untuk menyombongkan (diri).” (al-Umm, 1/ 221)

Jika hukum memakai batu akik dan batu mulia lainnya adalah mubah, maka hukum asal memperjualbelikannya adalah mubah juga. Tentunya dengan tetap memperhatikan tidak masuknya unsur kemusyrikan dan perkara yang diharamkan. Menjual batu akik atau batu mulia lainnya yang diyakini berkekuatan gaib tertentu atau cincin yang menyangga batu akik terbuat dari emas dan jelas-jelas akan dipakai oleh laki-laki tidak boleh. Lalu, apa hukum menjual batu akik?

Sebelum menjawab tentang hukum menjual batu akik ada hal yang harus diperhatikan. Harga batu akik dan batu mulia lainnya hari ini melonjak tinggi. Ini adalah harga yang tidak wajar. Sangat mungkin di sana ada permainan harga oleh pihak tertentu, dan oleh karenanya lebih baik kita menghindarinya atau berhati-hati jika hendak terjun ke dunia bisnis batu mulia. Ingat kasus bunga Anthurium. Wallahu a’lam bish shawab.

Sumber: An-Najah edisi 114, Mei 2014, Rubrik Konsultasi Islami.

Editor: Sahlan Ahmad