Ibrahim Al-Mazwagi, Pejuang Asal Inggris Pertama yang Syahid di Suriah

Ibrahim Al-Mawazgi
Ibrahim Al-Mazwagi

SURIAH (an-najah) – Ibrahim Al-Mazwagi, seorang mujahid yang masih belia (baru berusia 21 tahun) telah dinyatakan sebagai salah satu syuhada [kamaa nahsabuhu] Jihad Suriah . Pemuda ini menjadi orang kelahiran Inggris pertama yang terbunuh dari perang sipil melawan rezim Suriah.

Ibrahim Al-Mazwagi telah lulus dari Universitas Hertfordshire tahun lalu. Menurut teman-temannya, ia adalah pribadi ramah dan gemar bersosialisasi. Ia juga salahsatu anggota tim futbal di universitas.

Namun, bagi kaum muslimin dan seluruh rakyat di Suriah, dia adalah salah satu dari sekitar 80 orang berkewarganegaraan Inggris yang diyakini telah bergabung dengan perang melawan Bashar al-Assad dalam dua tahun terakhir. Menurut halaman Facebook yang didirikan untuk menghormatinya, pemuda asal London utara ini telah berjuang di Libya pada tahun 2011 sebelum menuju untuk berjuang bersama nya “saudara” di Suriah pada Agustus 2012 lalu.

Mengumumkan kesyahidannya, pesan pada halaman itu berbunyi: “Ia mengambil bagian dari operasi yang besar melawan pasukan rezim Assad kemarin (Sabtu, 09/03) dan lulus dalam pertempuran selanjutnya.” [fajar/ind]