Iran Serang Kapal Kargo Singapura

306573_ilustrasi-kapal-perusak-iran_663_382

Abu Dhabi (an-najah.net) – Menteri Luar Negeri Saudi Adil al-Jubair mengatakan bahwa kapal perang Iran menembaki sebuah kapal berbendara Singapura di Teluk. “Ini jelas melanggar hukum internasional, perlu tekanan untuk menghentikan aksi ini,” tegas al-Jubairi, Kamis (12/5)

sebuah kapal Iran melepaskan tembakan ke arah kapal kargo berbendera Singapura di perairan Teluk. kapal terpaksa melarikan diri ke pelabuhan Jabal Ali di kota Uni Emirat Arab Dubai.

Pernyataan resmi Emirat bahwa Penjaga Pantai membantu kapal berbendera Singapura yang datang dengan kobaran api kibat serangan angkatan laut Iran.

Media Agence France Presse menyatakan bahwa kapal patroli Iran menembaki kapal “Alpine Enznetti” di perairan internasional, kemudian kapal komersial tersebut menyelamatkan diri ke UEA, sementara kapal Iran meninggalkan tempat kejadian usai melakukan aksinya.
Ketika kejadian tersebut, kapal angkatan laut Amerika berada sekitar 20 mil (32 kilometer) dari TKP, tetapi tidak menerima permohonan bantuan.
pejabat AS mengatakan bahwa Iran tampaknya berusaha untuk mencegat kapal dagang untuk penyelesaian sengketa hukum, mengingat adanya laporan bahwa “Alpine Eternity” pernah bertabrakan dengan sebuah platform minyak milik Iran Maret lalu.

“Iran mengklaim bahwa kapal Singapura secara hukum bertanggung jawab untuk pembayaran kompensasi untuk platform minyaknya yang rusak,” katanya, menambahkan bahwa insiden itu terjadi pada 22 Maret.

“Alpine Enznetti” adalah kapal tangki yang dirancang untuk mengangkut produk minyak dan bahan kimia. Memiliki panjang 180 meter, yang berada dalam armada perusahaan transportasi minyak “Transptrul”.

(Sahlan/an-najah)