Iran Tawarkan Pembentukan Pemerintah Yaman Baru

Irans-Foreign-Minister-Mohammad-Javad-Zarif
Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Jawwad Zarif

Teheran (an-najah.net) Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Jawwad Zarif mengatakan bahwa Teheran telah menawarkan sebuah program baru kepada PBB yang berisi empat poin penting untuk mewujudkan perdamaian dan  gencatan senjata di Yaman. Madrid, Selasa (14/4).

Di sela-sela kunjungannya ke Madrid, Menteri Luar Negeri Iran tersbut menyatakan bahwa Iran menawarkan gencatan senjata dan dialog kepada PBB, yang melibatkan semua pihak dan dimediasi oleh pihak lain, yang mengarah pada pembentukan pemerintah Yaman baru yang mewakili masyarakat luas.

Zarif menegaskan kembali seruannya untuk menghentikan serangan udara yang dipimpin oleh Arab Saudi. Dia juga menekankan bahwa krisis yang terjadi Yaman h hanya boleh diselesaikan oleh orang-orang Yaman, sedangkan tugas Iran dan Arab Saudi adalah berdialog untuk menyelesaikan krisis.

Dia juga mengatakan bahwa, “Serangan udara bukanlah solusi, semua operasi harus dihentikan di tanah dan di udara.”

Pada hari Senin (13/4), Zarif menyerukan pembentukan pemerintahan baru di Yaman, dan menawarkan bantuan untuk mewujudkan pemerintah transisi.

Ghalib, pengamat politik Yaman menyatakan bahwa  Iran terlibat dalam membuat krisis Yaman melalui dukungan militer dan logistik untuk milisi Houthi karena kesetiaan dan kesamaan ideologi mereka. (Ahsan/an-najah).