Israel Bayar Kompensasi 12 Miliar atas Kematian Agen Mossad

Ben Zygier


Ben Zygier
0″]

Tel Aviv – Pemerintah Israel sepakat untuk membayar uang kompensasi kepada keluarga mata-mata Mossad yang tewas bunuh diri di penjara. Jumlah kompensasi tersebut mencapai 4 shekkels atau setara Rp 12 miliar.

Keluarga mendiang Ben Zygier menuding pemerintah Israel melakukan kelalaian yang berujung pada tewasnya Zygier pada 2010 lalu.

Sebelumnya, orang tua Zygier yang juga pemimpin komunitas yahudi di Melbourne, Australia mengancam akan menuntut pemerintah Israel atas kasus ini.

Namun, setelah diadakan pembicaraan antara kedua belah pihak, keluarga setuju menerima kompensasi kematian Zygier dari pemerintah Israel.

“Setelah negosiasi, kedua belah pihak sepakat di mana pemerintah akan membayarkan 4 juta shekels kepada keluarga almarhum,” demikian pernyataan Kementerian Kehakiman Israel, seperti dilansir The Guardian Rabu  kemarin (11/9).

Zygier yang merupakan keturunan Australia-Israel, disebut-sebut bekerja pada badan intelijen Israel, Mossad, sebagai agen asing.

Zyger yang juga disebut sebagai ‘Prisoner X’ dijebloskan ke penjara karena menyabotase operasi lapangan yang dilakukan Mossad. operasi tersebut yaitu merebut jenazah tentara Israel yang terbunuh dalam perang di Lebanon.

Zygier ditemukan tewas gantung diri dalam sel isolasi di penjara Ayalon, Tel Aviv pada Desember 2010 lalu. Insiden ini sempat ditutupi oleh otoritas Israel, hingga akhirnya berlanjut ke pengadilan. [theguardian/faris]