Jelang Akhir Masa Jabatan, SBY Wariskan Utang 2.532 Triliun

Indonesia Tercekik Utang (Foto: Aktual.co/Dok Aktual)

Indonesia Tercekik Utang

Jakarta (An-najah.net) – Jelang berakhirnya masa jabatan Presiden SBY pada 20 Oktober 2014 nanti. Setidaknya, SBY meninggalkan warisan utang selama masa pemerintahannya sebesar Rp2.532 triliun. Utang itu berasal dari pinjaman luar negeri.

 Demikian disampaikan pengamat anggaran politik, Uchok Sky Khadafi dalam acara diskusi, di Cikini, Jakarta Pusat, Senin (29/9).

 “Pada tahun 2014, utang Indonesia sebesar Rp2.532 triliun,” ucap dia. Seperti dikutip dari aktual.

 Dengan hutang luar negeri sebesar itu, sambung Uchok, setidaknya untuk melunasinya setiap warga negara Indonesia bisa dikenakan beban sebesar Rp10.042.659 perorang atau satu jiwanya.

 Tidak hanya itu, Direktur Investigasi dan Advokasi Forum Indonesia Transparansi Anggaran (FITRA) juga mengatakan bahwa kenaikan utang pada pemerintahan SBY dari 2013 ke 2014  mencapai Rp157 triliun tiap tahunya.

 “Karena setiap tahun APBN selalu defisit, setiap tahun juga Indonesia harus mencari pinjaman untuk menutupi defisit,” bebernya.

 Oleh karena itu, sambung Uchok, pemerintahan mendatang harus mengurangi pengeluaran anggaran yang dinilai tidak produktif. Sehingga, bisa menutup defisit APBN.

 “Kalau kita ingin mengetatkan ikat pingggang atau anggaran itu bisa dilkakukan, seperti anggaran fasilitas untuk pejabat, perjalanan dinas, belanja oprasional, makan minum untuk tamu. Itu bisa diperkecil atau dihilangkan tiap kementerian,” tandas dia.(Anwar/annajah)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.