Kapolri Lantik 3 Kapolda, Irjen Saud Usman Nasution Jadi Kepala BNPT

Irjen Saud Usman Nasution
Irjen Saud Usman Nasution, Kepala BNPT baru

Jakarta (An-najah.net) – Kapolri melakukan rotasi di tubuh kepolisian guna penyegaran tugas. Sebanyak sembilan jenderal menempati posisi yang baru, termasuk pergantian tiga Kapolda. Sementara dua jenderal persiapan massa pensiun.

Mutasi jabatan tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1956/X/2014 tertanggal 3 Oktober 2014. Mereka yang dimutasi ada 11 jenderal, diantaranya ada yang memasuki massa pensiun dan promosi jabatan.

Adapun mereka yang pensiun adalah Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri Komjen Suparni Parto. Posisi jenderal bintang tiga ini selanjutnya diisi oleh Irjen Djoko Mukti Haryono yang sebelumnya menempati Wakil Kepala Baintelkam.

Selanjutnya, Kapolda Bengkulu akan diisi oleh Brigjen Ghufron yang sebelumnya berada di kursi Kepala Biro Operasional Baharkam. Sementara Brigjen Tatang Somantri yang menjabat Kapolda Bengkulu dalam massa persiapan pensiun.

Selain itu, posisi Kapolda Sumsel yang ditempati Irjen Saud Usman Nasution akan diisi oleh Irjen Iza Fadri yang saat ini menjabat Ketua STIK-PTIK. Saud sendiri akan menempati pos baru di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sebagai kepala.

Sementara posisi Irjen Iza Fadri digantikan oleh Brigjen Rycko Amelza Dahniel yang saat ini menjabat Wakil Kapolda Jabar. Posisi ini merupakan promosi bagi eks Ajudan Presiden SBY untuk menempati posisi bintang dua. Rycko sendiri dianggap mumpuni berada di Lembaga Pendidikan Kepolisian (Lemdikpol) dengan gelar doktor yang disandangnya. Namun pelantikan tidak dibarengi dengan jajaran pejabat utama Polri yang dilaksanakan hari ini.

Posisi Brigjen Ari Dono di Kapolda Sulawesi Tengah akan digantikan oleh Brigjen Idhan Aziz yang saat ini menjabat Direktur Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Bareskrim Polri.

Pergantian jabatan juga ada di tubuh Asisten Sarana dan Prasarana (Assarpras) yang ditempati Irjen Tubagus Anis Angkawijaya. Kursi setingkat dirjen ini selanjutnya diisi oleh Irjen Erry Subagyo yang sebelumnya menjabat staf ahli manajemen Kapolri.

Pelantikan dilaksanakan di Rupatama Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (9/10/2014).(Anwar/detik/annajah)

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.