Ketum PP Muhammadiyah; Ini Solusi pengungsi Rohingnya

Din Syamsudin
Din Syamsuddin

Yogyakarta (An-najah.net) – Derita pengungsi Rohingnya yang terus terjadi. Menimbulkan sikap empati berbagai organisasi-organisasi di Indonesia. Ketua Umum Pimpinan Pusat (Ketum PP) Muhammadiyah, Din Syamsuddin merasa prihatin dengan nasib para pengungsi Rohingya yang ada di Indonesia.

“Kita tidak boleh membiarkan mereka tertindas, terlantar dan terkatung-katung. Oleh karenanya, harus ada solusi,” kata Din kepada wartawan di Yogyakarta, Rabu (20/5).
Pihaknya berpendapat, masyarakat perlu mendorong organisasi-organisasi Internasional, seperti PBB, OKI, dan ASEAN agar militer Myanmar menghentikan pengusiran, serta memintanya untuk memberikan status kewarganegaraan bagi kelompok Rohingya.
Pemerintah Indonesia, menurut Din, juga bisa menempatkan para pengungsi itu di sebuah pulau yang memungkinkan mereka untuk hidup sementara, sembari mencari solusi ke depan. “Itu sama halnya yang pernah dilakukan Indonesia terhadap para pengungsi Vietnam yang ketika itu ditampung di pulau Galang,” imbuhnya.

Din juga meminta, agar umat Islam beramai-ramai memberikan dukungan kepada kaum Rohingya sebagai bentuk ukhuwah Islamiyah, melalui aksi-aksi kemanusiaan.(Anwar/annajah/kabarkota)